DCIM100GOPROGOPR5692.

Pati – Salah satu strategi untuk menambah nilai  di  unit kerja kebun yaitu dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam area perkebunan menjadi objek wisata khususnya wisata agro. Seiring dengan berkembangnya zaman, serta perbaikan kesejahteraan masyarakat, kebutuhan dan permintaan akan jasa pariwisata di Indonesia semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat pertumbuhan industri pariwisata yang setiap tahun semakin meningkat. Tahun 2014,  data kementerian pariwisata menunjukan nilai pertumbuhan sebesar 9.39 %. Angka ini lebih besar dari pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun yang sama sebesar 5.7%.

Salah satu wahana yang ada di Wisata Agro Jollong, Kolam terapi ikan.

Sadar akan potensi sumber daya alam yang dimiliki, Wisata agro Jollong  hadir memenuhi kebutuhan wisata agro berbasis perkebunan kopi di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Pati.   Dengan beragam wahana seperti arena outbond,  flying fox, kolam terapi ikan, kolam renang anak-anak, kolam pemancingan,  dan areal perkemahan,  para wisatawan dimungkinkan untuk mendampingi putra dan putrinya bermain sembari menikmati keindahan panorama perkebunan kopi. Selain arena bermain dan rekreasi, wisata agro Jollong juga dilengkapi dengan wisata edukasi pengolahan kopi dan wisata buah hortikultura sebagai bentuk  tanggung jawab dalam memperkenalkan serta menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap alam, khususnya dunia perkebunan.

Para pengunjung bisa membeli buah Jeruk Pamelo langsung petiik dari pohonnya.

Pengelola wisata agro Jollong sekaligus Kepala kantor Kebun Jollong – Musriyanto- menyampaikan bahwa pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Pati  mendapat dukungan  penuh dari  pemerintah setempat .  Sekolah- sekolah dan kantor-kantor instansi daerah dihimbau oleh pemerintah daerah Pati untuk mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Pati,  termasuk  wisata agro Jollong,

 

Menikmati Kopi dengan suasana pemandangan dan suasana perkebunan Kopi, bisa didapatkan di cafe MIKOJOL Kebun Jollong

Iswahyudi (Administratur Kebun Jollong) menambahkan bahwa wisata agro Jollong secara bertahap akan terus dikembangkan dengan melakukan penambahan wahana baru seperti arena permainan tempo dulu yang  berisikan bermacam permainan tradisional tempo dulu  untuk mengasah tumbuh kembang kecerdasan anak,  gardu pandang di tengah kebun kopi, serta pusat informasi terpadu demi kenyamanan wisatawan yang  berkunjung ke wisata agro Jollong.

 

Humas

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution