dirut

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) wajib dilaksanakan oleh seluruh perusahaan khususnya BUMN, program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar perusahaan dalam hal memudahkan akses dalam permodalan dan bimbingan usaha. PTPN IX sebagai salah satu BUMN setiap tahunnya menganggarkan kegiatan PKBL, dan dilakukan monitoring serta evaluasi pelaksanannya secara kontinue oleh Kementerian BUMN. Pelaksanaan monitoring awalh tahun 2014 dilaksanakan di salah satu unit usaha PTPN IX kebun Batujamus, Tim PKBL dari  Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Asdep PKBL, Fadjar Judisiawan  pada hari sabtu tanggal 5 April 2014 melakukan kunjungan ke mitra binaan PTPN IX di Kebun Batujamus. Dalam kunjungan tersebut tim PKBL dari KBUMN diterima oleh Direktur Utama PTPN IX, Adi Prasongko dan Administratur Kebun Batujamus, Agus Hargianto serta Sekretaris Perusahaan (Fakhrur Rozi)

Dalam pertemuannya dengan mitra binaan, tim PKBL dari KBUMN menanyakan perihal manfaat yang telah dirasakan oleh mitra binaan dan hambatan yang muncul dalam pengelolaan usaha sehingga dapat maju dan berkembang. Mengingat lingkungan PTPN IX di wilayah pedesaan maka sebagian besar penyaluran PK didominasi sektor usaha perdagangan dan peternakan. Selanjutnya dari tim PKBL KBUMN mengharapkan terus diupayakan tumbuhnya desa binaan di sekitra kebun  dan pabrik gula.

Terkait dengan usaha pendampingan dan pengembangan mitra binaan, unit PKBL PTPN IX setiap tahun mengikutkan produk mitra binaan untuk dipamerkan dalam event pameran produk yang dilaksanakan oleh pihak eksternal dan  melaksanakan pelatihan untuk memberdayakan mitra binaan.

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution