Harga Karet Meningkat Lagi, Terdongkrak Pelemahan Yen

Dikirim oleh : adminweb, Pada 12.04.2013 | News | 0 comment

karet 1(Vibiznews – Commodity) – Harga karet untuk perdagangan hari ini (11/4) tercatat mengalami kenaikan. Melemahnya nilai tukar yen terhadap dollar masih menjadi penyebab utama kenaikan karet dimana mata uang Jepang tersebut hari ini menyentuh level 99,58 per dollar AS yang merupakan level terendah sejak April 2009.

Dengan melemahnya yen maka saham-saham eksportir Jepang yang berada di sektor otomotif dan elektronik di indeks Nikkei kembali mengalami kenaikan hari ini. Kedua sektor tersebut merupakan konsumen karet industry sehingga dengan adanya kenaikan saham-saham di sektor tersebut akan membawa ekspektasi kenaikan karet dalam jangka pendek.

Karet berjangka mengalami kenaikan sebesar 1,9% menjadi 280,8 yen per kilogram atau 2816 dollar per metric ton di Tokyo Commodity Exchange. Level tersebut merupakan level tertinggi sejak 28 Maret lalu.

Divisi Vibiz Research di Vibiz Consulting memprediksi bahwa pergerakan harga karet diperkirakan akan masih berpeluang mengalami peningkatan kembali. Selain imbas dari pelemahan yen, investor juga sedang optimis terhadap perekonomian AS seiring Fed yang akan merilis dana stimulus ekonomi mencapai 82 miliar dollar.

(JP/JA/VBN)

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution