HARI KELAHIRAN PANCASILA

Dikirim oleh : adminweb, Pada 01.06.2016 | Artikel | 0 comment

hari Kelahiran Pancasila

Di Indonesia setiap tanggal 1 Juni dikenal sebagai hari lahirnya Pancasila. Tanggal dimana kata “Pancasila” pertama kalinya diucapkan oleh Bung Karno (yang kala itu belum menjadi Presiden RI), pada siding BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), pada tanggal 1 Juni 1945.

Pancasila yang berasal dari bahasa sansekerta yaitu  pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas, mengandung 5 prinsip yaitu Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan, dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Indonesia.

Kelima prinsip tersebut digali dari tradisi – tradisi Nusantara yang mencerminkan kepribadian Indonesia dengan sifat – sifat yang mutlak Ke-Indonesiannya dan sekaligus mempersatukan seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, aliran, dan golongan penduduk.

Pancasila sebagai dasar Negara dan juga pedoman berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia, tidak berhenti sebatas dikenang/diperingati /dilestarikan, tetapi juga benar – benar dilakukan dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia di berbagai aspek kehidupan dan menjadi nyata hasilnya untuk masa depan Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur. Selamat memperingati dan memaknai hari Kelahiran Pancasila!

Humas

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution