SEMARANG–PT Industri Gula Nusantara yang merupakan perusahaan penyertaan PTPN IX, pengelola Pabrik Gula Cepiring Kendal, telah menyiapkan tiga strategi dalam meningkatkan lahan tebu hingga 1.000 hektare.

Sugeng Setia, Kepala Humas Industri Gula Nusantara (IGN), menjelaskan saat ini perseroan baru memiliki lahan tebu seluas 1.300 hektare, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan luas lahan ideal yang mencapai 4.000—4.500 ha.

“Atas dasar itu, kami selalu berupaya untuk memperluas lahan tebu agar kapasitas produksi PG Cepiring bisa optimal,” ujarnya, Minggu (24/2/2013).

Dia menjelaskan upaya yang dilakukan pihaknya adalah menawarkan para petani tembakau untuk mengkonversi lahannya menjadi tebu.

Ide ini muncul setelah pemerintah menerbitkan PP 109/2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zatv Adiktif Berupa Tembakau Bagi Kesehatan.

Aturan baru tersebut menjadi momok bagi petani tembakau dan diprediksi akan menggerus harga tembakau di pasar.

“Kalau tembakau harganya kurang baik, maka kami tawarkan konversi ke tebu yang harga masih cukup bagus,” ujarnya.

Luas lahan tembakau di Kendal, jelasnya, mencapai 4.000 ha. Dari total lahan itu PG Cepiring berharap terjadi konversi ke tebu sebanyak 500 ha.

Strategi selanjutnya, ujar Sugeng, adalah konversi lahan di bawah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi di Kendal.

Lahan ini memiliki luas 213 hektare dan dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa dan Hutan (LMDH). Saat ini, lahan tersebut ditanami berbagai tanaman seperti ubi jalar.

Menurut Sugeng, pihaknya telah melakukan komunikasi secara intensif dengan LMDH terkait konversi lahan di bawah SUTET tersebut. Pihaknya juga menjanjikan bantuan bagi petani yang mau melakukan konversi lahan.

Adapun strategi yang terakhir adalah penanaman tebu pada area bantaran sungai di wilayah Kendal, seperti Blorong, Kali Buntu dan Kali Kuto.

Selama ini, area bantaran sungai tersebut belum difungsikan oleh Dinas Pekerjaan Umum.

“Dengan tiga strategi tersebut, kami berharap luas lahan tebu PG Cepiring bisa bertambah 1.000 ha pada 2013—2013, dibandingkan dengan saat ini 1.300 ha,” ujarnya.  (ra)

Oleh      : Sugeng Setia, Kahumas IGN.  Sumber : bisnis.com

 

23 Komentar

  1. Chaerul Mazhar mengatakan:

    DH,

    Mau tanya sedikit Bapak/Ibu.. Untuk produk gula “9″, apakah ada distribution point di jabodetabek untuk delivery ke jakarta. Bila memungkinkan, apakah ada keaempatan untuk memasarkan produk gula “9″ dengan brand kami sendiri.

    Demikian, terima kasih.

    • ADMINISTRATOR mengatakan:

      saat ini PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) sudah memiliki distributor resmi untuk gula “9″, jika Saudara ingin bekerjasama dalam hal pemasaran produk tersebut, silahkan mengirimkan Surat Permohonan Kerjasama yang ditujukan kepada Direksi PTPN IX (Persero)

      Terima kasih

  2. khusnul yakin mengatakan:

    sedikit mau tanya. denger2 PT. IGN lagi butuh karyawan banyak ya?, kalo memang benar posisi mana yg masih kosong?, apakah ijazah SMA saya bisa buat nglamar di perusahaan Bpk/Ibu. trima kasih. saya berdomisili di cepiring.

  3. shanty dewi mengatakan:

    perkenalkan saya shanty,mahasiswi teknik kimia UNDIP semarang, mau bertanya kepada bapak/ibu,apakah perusahaan bapak/ibu menerima Kerja Praktek (KP) bagi mahasiswa?
    jika menerima, apa saja syaratnya?
    sekian dan terimakasih.

    • adminweb mengatakan:

      pada prinsipnya PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) terbuka bagi kalangan akademisi yang ingin melakukan kerja praktek/magang di lingkungan kerja PTPN IX, silahkan Sdri. mengajukan surat resmi dari Rektorat dilengkapi dengan proposal.
      Untuk info detail silahkan menghubungi bagian PSDM di nomor 024-8414635 ekstensi 148
      Demikian dan terima kasih

  4. eko yulianto mengatakan:

    Perkenalkan kami suplyer chain conveyor, bagai mana cara untuk menjadi rekanan di PTPIX?

    • adminweb mengatakan:

      silahkan mengirimkan Surat Permohonan Menjadi Rekanan ke Direksi PTPN IX (Persero). Informasi lebih jelas menghubungi Bagian Legal PTPN IX, telp. 0248414635

      trima kasih

  5. siti anisah mengatakan:

    mas/mb admin. saya mahasiswa teknik kimia undip. rencana mau kunjungan industri ke IGN(hanya 4 orang), untuk persyaratnnya apa saja ya??? kami hanya ingin wawancara sebentar…. dengan pihak meneger nya. semisal jumat sore jam 14.00 WIB besok tanggal 18.Oktober 2013 bisa gak ya mas/mb??? berkenaan dengan mendadak nya tugas dari dosen kami. mohon bantuannya mas/mb. kami keliling plannya juga tidak apa-apa. nanti surat dan proposalnya kami kirim sekalian kami datang ke sana boleh mas/mb??? suwunnn

  6. giyono mengatakan:

    pak/ibu bisakan menjalin kerja sama untuk penanaman tebudi kab temangung untuk konversi dari lahan tembakau

  7. Muhammad Asian Fithry mengatakan:

    Selamat siang. saya adalah seorang mahasiswa program studi D3 Budidaya Tanaman Perkebunan. saya mau bertanya, apakah mahasiswa yang magang di PTPN IX akan mendapat fasilitas penginapan dan konsumsi selama magang?
    terima kasih..

    • adminweb mengatakan:

      Selamat Siang,
      Untuk Mahasiswa magang tidak mendapatkan fasilitas konsumsi dan penginapan, fasilitas penginapan bisa dibantu unntuk dicarikan di dekat kebun.

      Terimakasih,
      Humas PTPN 9

  8. Muhammad Asian Fithry mengatakan:

    Terima kasih atas informasinya :)

  9. Nur Rokhim mengatakan:

    Selamat malam Admin,
    Saya mau tanya kalau mau beli tetes tebu nya cara nya gimna…?
    kita harus menghubungi siapa…?
    Terimakasih

  10. wiwin mengatakan:

    assalaamualaikum wr wb
    saya ibu wiwin, saya ingin menanyakan ttg distributor gula 9 yg terdekat dgn tempat sya tinggal.. saya berdomisili di wonosobo..

    terima kasih atas perhatian dan jawaban yang diberikan..

    • adminweb mengatakan:

      Selamat siang ibu Wiwin, kalau dari Wonosobo bisa ke Kampoeng kopi Banaran Gemawang.
      untuk pembelian dalam jumlah besar bisa menghubungi Pemasaran PTPN IX di no. 024 8414635

      terimakasih

  11. ABDI SULISTYONO mengatakan:

    PAK SAYA MAU TANYA , UNTUK DISTRIBUTOR GULA DIAREA KENDAL ATAU KALIWUNGU DIMANA YA PAK ADA NO YANG BISA DIHUBUNGI, MINIMAL ORDER BERAPA, TERIMA KASIH

  12. eka dhiya' hanin mengatakan:

    Saya Hanin dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.
    Ingin bertanya bagaimana cara untuk pengajuan kerja praktek (KP) di PTPN IX ? apakah ada syarat-syarat tertentu?

    Terimakasih Infonya.

  13. Dewi cahyanti mengatakan:

    Apakah saya bpleh meminta limbah molase untuk penelitian pembuatan pupuk pak? Hanya sedit pak…

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution