banaran ressort

Semarang,  Berawal dari sebuah keresahan yang disebabkan oleh harga komoditi Kopi yang terus menurun mulai tahun 1998 sampai dengan tahun 2001. Tahun 2002, direksi PTPN IX (persero) melakukan sebuah terobosan dengan menerapkan pola bisnis hulu hilir, komoditi Kopi tidak hanya saja dapat diperoleh hasilnya dengan menjual biji kopi (green bean) akan tetapi dapat juga memperoleh hasil / pendapatan yang lebih, dengan memberikan nilai tambah berupa perubahan bentuk ke arah hilir. Komoditi Kopi yang tadinya dijual dalam bentuk biji (green bean), diolah sebagian menjadi Kopi Bubuk dengan memberikan label/ nama dagang Banaran Coffee.

Untuk lebih meningkatkan proses penetrasi/ pengenalan produk kepada khalayak umum, Pada tahun 2002, tepatnya tanggal 20 Agustus, dibangunlah sebuah coffeeshop dengan tujuan sebagai etalase dari produk hilir yang berfungsi untuk memperkenalkan produk hilir yang diproduksi oleh PTPN IX (persero). Dan sejak tahun 2005 tepatnya tanggal 28 Agustus direksi melakukan terobosan dengan merubah kebun percontohan aneka tanaman perkebunan dan buah koleksi di Afdeling Assinan, tepatnya dipinggir jalan Raya Bawen – Solo Km 1,5 Bawen Kabupaten Semarang menjadi sebuah Kawasan Agrowisata yang kemudian lebih dikenal sebagai Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran.

kereta wisata

Saat ini Agrowisata kampoeng Koppi Banaraqn telah berbenah dengan menambah berbagai macam fasilitas seperti Hotel (Banaran9 Resot Hotel), berbagai macam wahana permainan dan edukasi seperti kolam renang, outbond, Flying Fox, Golf sekala kecil, tenis lapangan, kereta wisata, bermain kuda dan masih banyak lagi lainnya.

Selasa, 8 Juli kemaren, kami berkesempatan bersama manager Kampoeng Kopi Banaran (Suryanto) memutari agro wisata Kampoeng Kopi Banaran melalui Kereta Wisata. Liburan hari raya mendatang adalah liburan yang sangat pas  agro wisata Kampoeng Kopi Banaran karena bertempatan dengan musim kopi sehingga pengunjung dapat melihat secara langsung dan bahkan sampai petik kopi secara langsung. Disamping itu pengunjung dapat mencoba berbagai macam wahana permainan dan edukasi yang telah dikembangkan sembari bersitirahat di Banaran9 Ressort Hotel yang telah diresmikan oleh Menteri BUMN tahun 2012 yang lalu.

Dari Banaran 9 Ressort Hotel dapat melihat pemandangan yang ajaib dan tidak bisa ditemukan diwisata lainnya yaitu panorama 7 Gunung secara bersama diatas rawa pening

kesejukan banaran2

 

shj.2013

 

 

17 Komentar

  1. kalsom arip mengatakan:

    salam dari Singapore….To whom it may concern. Saya berminat untuk mengidap di banaran cottage tanggal 18 to 20 oct 2013.
    Ingin mengidap di banaran villa. Saya pernah ke mari tahun lepas,, bersama encik Muhd Ibrahim bin Md Hussein…Ingin mengidap lagi bersama 8 orang. Sila email room rate kesaya.

    Terimakasih
    Kalsom

  2. nella septina mengatakan:

    mohon informasinya, banaran 9 resort apakah satu lokasi dengan kampoeng kopi banaran? dekat atau jauh kah jaraknya? terimakasih

  3. yosephina munika mengatakan:

    Saya mau booking kamar standar. Harga berapa yha per malam.

  4. galih mengatakan:

    mau tanya room rate?
    bisa kasih info ga ya?

  5. Mohammad Yus'a mengatakan:

    Saya mau booking kamar di Resort Banaran 9, untuk liburan lebaran , tanggal 30 dan 31 Juli 2014 , bagaimana cara bookingnya, tks

  6. Kopi Kampoeng mengatakan:

    Untuk bibit kopinya terutama kopi indonesia baik kopi robusta atau kopi arabica di jual disana ndak ya?

  7. dewi endah utami mengatakan:

    mhn di kirim hrg penginapan di kampung kopi banaran trims

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution