Para Pelaku Bisnis Kopi menguji Cita Rasa Kopi Nusantara di Seoul Korea Selatan 11 Juli 2015

Seoul – Kedutaan Besar Indonesia untuk Korea Selatan mengadakan uji cita rasa kopi / coffee cupping test pada 11 Juli 2015 bersama 60 undangan dari berbagai kalangan pebisnis kopi di Korea Selatan. Acara yang dilaksanakan sebagai  ajang promosi memperkenalkan Indonesia sebagai penghasil kopi dengan keragaman yang terbesar di dunia tersebut menguji kurang lebih 30 jenis kopi dari berbagai wilayah Nusantara.

Hasil cupping test evaluationPTPN IX yang mengikutsertakan kopi jenis Java Robusta Wet Process (RWP) sebagai salah satu kopi yang diuji mendapatkan skor 8.3 posisi ke 6 dari 31 varian kopi yang diikutsertakan  dalam elevation cupping test. Test tersebut merupakan uji cita rasa dengan mengukur karakter rasa dalam kopi,antara lain aroma, body, acidity, flavor, after taste,  uniformity, dan sweetnes. Hasil dari elevation test tersebut akan menghasilkan skor keseluruhan yang akan menentukan kenikmatan kopi.

PTPN IX dengan wilayah areal kopi kurang lebih 1.203,14 ha terbagi di 4 kebun dan membudidayakan 2 jenis kopi, Robusta & Arabika, mengelola 1 pabrik kopi Banaran di Kabupaten Semarang dengan total kapasitas 21 ton/hari, dengan rata – rata produksi 1.000 ton per tahun. Selain membuat produk hilir kopi, PTPN IX juga mengelola Agrowisata dengan suasana khas kebun kopi dengan nama “Kampoeng Kopi Banaran” yang terletak di Jl. Raya Bawen Solo KM 1.5.

 

 

Humas

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution