Kunjungan Kerja Komisi VI DPR RI ke Pabrik Gula PTPN IX

Dikirim oleh : adminweb, Pada 01.02.2017 | Event | 0 comment

KUNKER DPR RI KOMISI VI KE P GONDANG BARU

Klaten – Jumat 20 Januari 2017 Komisi VI DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik ke Pabrik Gula Gondang Baru Klaten Jawa Tengah. Kunjungan kerja merupakan tindak lanjut dari rencana penutupan Pabrik Gula Gondang Baru oleh Pemerintah karena kurangnya pasokan tebu dan tidak efisisennya pabrik saat musim giling.  Dalam kunjungan tersebut rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Inas Nasrullah Zubir melakukan peninjauan di Pabrik Gula Gondang Baru dan mengadakan acara dengar pendapat dengan para stakeholder terkait seperti PT Perkebunan Nusantara IX sebagai pengelola Pabrik Gula, Bupati Klaten sebagai Pemerintah Wilayah dan para petani tebu Klaten dan sekitarnya.

DIREKTUR UTAMA PTPN IX MENJELASKAN KONDISI PABRIK KEPADA SALAH SATU ANGGOTA KOMISI VI DPR RIBudi Adi Prabowo, Direktur Utama PTPN IX  mewakili pengelola PG Gondang Baru  menyampaikan kepada para pihak yang hadir bahwa kapasitas Pabrik Gondang Baru yang ada saat ini kecil dan belum bisa dioptimalkan karena masih menggunakan mesin mesin zaman kolonial, ditambah dengan  ketersediaan lahan dan pasokan tebu yang semakin berkurang membuat jam giling menjadi pendek dan mempengaruhi performa keuangan Pabrik Gula Gondang Baru. Untuk itu diharapkan dengan pertemuan yang dilakukan dapat membangun sinergi antar pihak untuk menyelamatkan Pabrik Gula yang sudah berdiri sejak  tahun 1861 tersebut.

Sedangkan perwakilan dari APTRI (Asosiasi Petani  Tebu Rakyat Indonesia) menyampaikan harapan PG Gondang Baru dapat agar tetap beroperasi   karena masih dibutuhkan, khususnya petani yang ada di kabupaten Klaten.

 

RAPAT DENGAR PENDAPAT

Tim Komisi VI DPR RI meminta peran aktif dari pemerintah Kabupaten untuk meningkatkan produksi tebu dengan membuat regulasi yang bisa menambah areal tanam tebu dan memanfaatkan potensi potensi yang ada di wilayah pemerintahannya sehingga pabrik gula yang ada di sekitar Jawa Tengah khususnya Kabupaten Klaten mampu melakukan proses giling secara optimal.

 

Humas

Tulis Komentar


Copyright © 2017 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution