Kunjungan Wakil Menteri Pertanian ke PG. Tasikmadu

Dikirim oleh : adminweb, Pada 28.03.2014 | News | 0 comment

Dalam rangka memonitor persiapan bahan baku tebu untuk musim giling 2014 dan mendorong perbaikan tanaman tebu, maka pada hari minggu tanggal 23 maret 2014 wamentan melakukan kunjungan ke beberapa kebun tebu milik petani di wilayah  karanganyar untuk melihat kondisi tanaman tebu di lapangan. Dalam kunjungan tersebut wamentan, Dr. Rusman Heriawan didampingi oleh Ir. Agus Hananto, Administratur PG. Tasikmadu,20140323_121127a

Setelah melihat tebu petani dilanjutkan dengan mengunjungi pembibitan tebu yang menggunakan sistem Single Bud Planting yang saat ini sedang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bibit tebu di areal PG. Tasik Madu.

Dalam kesempatan yang sama, wamentan, Dr. Rusman Heriawan melakukan dialog dengan petani di gedung pertemuan PG. Tasik madu. Wamentan memberikan semangat kepada seluruh petani di wilayah kabupaten karanganyar dan sekitarnya untuk terus meningkatkan kualitas pemeliharaan tanaman tebu, sehingga produktivitas tebu dan rendemen bisa semakin meningkat sehingga penurunan harga gula dapat diimbangi dengan peningkatan produksi gula milik petani, sedangkan deptan akan selalu mendukung upaya budidaya tanaman tebu berbasis mekanisasi sehingga akan lebih efisien yang  pengajuannya melalui kelompok tani dan selanjutnya akan diteruskan oleh dinas pertanian kabupaten.

20140323_130907Dalam dialong tersebut, beberapa petani menanyakan perihal rendahnya harga jual gula sehingga tahun 2013 petani mengalami kerugian yang cukup besar, kondisi pabrik gula yang memerlukan revitalisasi sehingga diharapkan lebih efisien dan maraknya gula rafinasi yang dikhawatirkan tahun 2014 akan menekan harga jual gula serta permohonan sebaiknya bantuan dari deptan sesuai dengan kebutuhan petani.

dialog diakhir dengan sebuah harapan dari wamentan bahwa ke depan petani tebu  bisa full mekanisasi dalam pengelolaan tanaman tebu sehingga dapat menarik minat generasi muda untuk melanjutkan budidaya tebu dan lebih efisien serta bersaing dengan produsen gula dari Negara lain.

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution