Pelatihan Jeruk

 

Pada tanggal 9 s.d 11 Desember tahun 2013 bertempat di Kebun Semugih – Pemalang, PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) bekerja sama dengan Balai Penelitian Jeruk dan Tanaman Subtropika (Balitjestro) Batu – Jawa Timur mengadakan Pelatihan Manajemen Pangkas dan Pengendalian Organisasi Pengganggu Tanaman (OPT)  pada tanaman Jeruk.

Pelatihan dibuka oleh Administratur Kebun Semugih, Agung Budi Laksono, SE pada hari Selasa pagi tanggal 10 Desember 2013, dalam sambutannya disampaikan bahwa kebun Semugih berharap dengan adanya tanaman jeruk ini akan memberikan harapan baru bagi perusahaan. Oleh karena itu perlu upaya bersama untuk mengoptimalkan tanaman jeruk ini supaya memberikan kontribusi positif terhadap perusahaan.

Adapaun tujuan diadakan pelatihan ini adalah memberikan wawasan serta memberikan ketrampilan teknis kepada karyawan yang bertugas langsung dalam memelihara tanaman jeruk. Seperti yang telah diketahui sebelumnya tanaman jeruk diharapkan menjadi tanaman alternatif untuk menopang kehidupan PTPN IX (Persero) selain tanaman karet. Dalam pelatihan yang diikuti oleh Sinder, Mandor pemeliharaan serta karyawan pemeliharaan tersebut diberikan pengetahuan mengenai berbagai macam hama dan penyakit utama pada tanaman jeruk serta cara pengendalian terhadap hama dan penyakitnya. Selain itu pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan manajemen pangkas di berikan dalam pelatihan ini dikarenakan manajemen pangkas merupakan hal yang mutlak harus dilakukan untuk mendapatkan hasil produksi jeruk seperti yang diharapkan oleh perusahaan. (Psdm2013).

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution