bumnkantordalamJakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan kapitalisasi pasar perusahaan plat merah bisa tembus Rp 7.000 triliun. Saat ini, dari 142 perusahaan pelat merah ini baik yang listed maupun non listed kapitalisasi pasarnya baru sekitar Rp 3.500 triliun. Wakil Menteri BUMN Mahmuddin Yasin mengatakan, kapitalisasi pasar BUMN terus meningkat. Sekitar 5-6 tahun lalu, kapitalisasi pasar BUMN masih di angka Rp 200 triliun.

“Itu saja belum seluruhnya masuk nilai kapitalisasi pasar. Diharapkan dengan tranformasi bisnis baik dari segi manajemen sumber daya manusia (SDM), teknologi informasi dan good corporate governance (GCG), nilai pasar bisa menembus dua kali lipatnya,” kata Mahmuddin dalam acara Business Executive Gathering 2013 Kementerian BUMN dan BUMN di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (1/7/2013). Mahmuddin mencatat, masing-masing perusahaan pelat merah ini membukukan nilai aset yang berbeda-beda dari aset yang terendah Rp 50 miliar sampai dengan Rp 729 triliun dengan nilai aset tertinggi yaitu PT Hotel Indonesia Natour (Persero).

“Masing-masing BUMN yang sahamnya dimiliki negara wajib menerapkan transformasi bisnis di bidang teknologi informasi demi meningkatkan bisnis perseroan. Tidak ada alasan bagi BUMN untuk tidak menerapkan IT sebagai modal kemajuan usaha,” terangnya. Dia menjelaskan, untuk mendorong BUMN dalam meningkatkan daya saing bisnisnya perlu diterapkan sistem teknologi informasi termasuk untuk menyukseskan transformasi bisnis agar mampu bersaing di era persaingan bisnis ke depan.

“Setiap BUMN diwajibkan untuk membuat masterplan TI paling lambat Februari 2015 sedangkan untuk tata kelola TI, setiap BUMN diharuskan mencapai target minimal maturity level 3 dalam 5 tahun ke depan,” terangnya.

(ang/ang)

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution