Penadah Lump Jalani Persidangan

Dikirim oleh : adminweb, Pada 11.02.2015 | News | 0 comment

Hakim mendengar kesaksian dalam sidang lanjutan kasus penadahan karet curian.

Jepara – Pada hari Senin, tanggal 9 Peberuari 2015 kembali digelar sidang lanjutan (sidang ke-2) kasus penadahan karet curian Kebun Balong di Pengadilan Negeri Jepara dengan terdakwa berinisial “S”. Dalam agenda sidang kali ini Jaksa Penuntut Umum, Mu’anah, SH. dari Kejaksaaan Negeri Jepara menghadirkan 4 orang saksi, yaitu Untung Casmito (Sinder Teknik Kebun Getas), Suroto (Pakam Kebun Merbuh), Wakid (Ketua Kelompok Tani Sumber Rejeki-Pati), dan Masruri (Bagian Pemasaran Kelompok Tani Sumber Rejeki-Pati).

 

Sidang dibuka pada pukul 11.00 WIB oleh Majelis Hakim yang dipimpin oleh Hakim Ketua Partono, SH.MH dari Pengadilan Negeri Jepara. Majelis hakim mengajukan beberapa pertanyaan kepada saksi-saksi untuk mengungkap fakta-fakta hukum yang terkait dengan perkara pokok.

 

Sebagaimana diketahui, pada tanggal 30 Juni 2014 silam, Petugas keamanan Kebun Merbuh menghentikan dan memeriksa 1 unit truk bernomor polisi Kab Jepara di sekitar Kebun Merbuh (Kendal) bermuatan karet lump sejumlah 8,6 Ton yang dicurigai sebagai karet hasil curian dari Kebun Balong yang ditampung oleh penadah di Jepara untuk kemudian dikirim ke wilayah Kendal. Pada saat diperiksa, sopir truk ijin untuk memanggil pemilik truk dan pemilik muatan truk tersebut, namun tidak kembali lagi. Oleh Pakam Kebun Merbuh, kasus ini kemudian dilaporkan ke Polda Jateng.

Polda Jateng mengambil alih perkara ini, dan melakukan upaya penyidikan. Berkas perkara diserahkan kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, dan setelah hasil penyidikan dinyatakan lengkap (P.21) selanjutnya perkara dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jepara, untuk selanjutnya dilaksanakan sidang di Pengadilan Negeri Jepara. Jaksa penuntut umum menuntut terdakwa “S“melalui Pasal 480 KUHP terkait tuntutan penadahan dengan tuntutan maksimal.

 

Sidang kali ini berakhir pada pukul 13.00 WIB dan ditunda satu minggu. Sidang ke-3 akan digelar pada hari Senin, tanggal 16 Pebruari 2014 dengan agenda yang sama (saksi).

Humas/legal.

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution