Pengaplikasian Asap Cair Untuk Pengolahan RSS

Dikirim oleh : adminweb, Pada 22.08.2014 | Event, News | 2 comments

Pengaplikasian Asap Cair Untuk Pengolahan RSS

Kamis 21 Agustus 2014 telah dilaksanakan rapat aplikasi asap cair pada pengolahan Ribbed Smoked Sheet (RSS) di Ruang Arabica Kampoeng Kopi Banaran. Acara dihadiri oleh Pemangku Jabatan Puncak PTPN IX (Persero) & Sinder Teknik seluruh Kebun. Dalam sambutannya Kepala Bagian Teknik, Pudji Lestari menyampaikan bahwa pengaplikasian asap cair merupakan upaya efisiensi dalam pengolahan Ribbed Smoke Sheet (RSS), dengan menggunakan asap cair biaya produksi mampu dihemat hingga RP. 213,- /Kg serta mampu memotong waktu pengeringan  yang sebelumnya 5 hari menjadi 3-4 hari. Aplikasi asap cair merupakan hasil study banding tim Bagian Teknik PTPN IX (Persero) ke PTPN IIX di Jawa Barat yang sudah terlebih dahulu mengaplikasikannya.
Pada kesempatan itu Teguh Widodo, Sinder Teknik Kebun menjelaskan kepada para peserta pertemuan tentang pembuatan dan cara pengolahan RSS dengan menggunakan asap cair yang sudah diaplikasikan di Kebun Getas. Asap cair merupakan hasil dari pembakaran kayu karet yang asapnya di destilasi menjadi cairan sebagai bahan dasar dari asap cair, produksi memakan waktu 8 jam dan harus diendapkan terlebih dahulu selama minimal 72 jam sebelum digunakan. Setelah pertemuan selesai selanjutnya para peserta diajak menuju ke sentra produksi asap cair di Kebun Getas untuk melihat langsung sistem yang sedang diujicoba.

Rencana aplikasi asap cair akan dimulai pada pertengahan September 2014 dan secara bertahap akan diaplikasikan ke seluruh kebun PTPN IX (Persero) pada tahun 2015. Untuk mencukupi kebutuhan seluruh kebun yang diestimasi membutuhkan 2000 liter asap cair per hari dan supaya menghemat biaya distribusi maka Bagian Teknik akan mempersiapkan sentra produksi asap cair di 5 Kebun antara lain, Kebun Batujamus, Kebun Getas, Kebun Balong, Kebun Merbuh, & Kebun Kawung.

2 Komentar

  1. Teguh Prasetyo mengatakan:

    Mohon informasi tentang hasil aplikasi asap cair. Dengan kurs dan nilai jual saat ini, apakah masih menguntungkan?

    Untuk informasi, saya pertanian karet rakyat di Tulang Bawang Udik, selama ini masih menjual dalam bentuk lump.

    Terima kasih.

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution