Petani Kopi Lampung Perdalam Teknik Budidaya di PTPN IX

Dikirim oleh : adminweb, Pada 28.08.2017 | Event | 0 comment

PETANI LAMPUNG

Sebanyak 30 Petani Kopi dari perwakilan seluruh kabupaten di Provinsi Lampung, mengadakan magang di Kebun Kopi Getas, PT Perkebunan Nusantara IX. Disambut oleh Manager Kebun Getas (Budiyono) dan Manager Kampoeng Kopi Banaran (Untung Marjono) para petani kopi menyampaikan keinginan untuk menimba ilmu di Kebun Kopi Getas, yang dinilai memiliki sistem budidaya tanaman kopi yang terstandarisasi dengan baik.

 

Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (TP4K) sekaligus Kepala Rombongan dari Dinas Pertanian Provinsi Lampung (Joko Umar) Said, mengatakan bahwa potensi Kopi di Lampung sangat luar biasa, dengan luas areal 150.000 Ha, dan hampir semuanya adalah milik petani kopi rakyat.

WhatsApp Image 2017-08-28 at 12.53.04 (1) WhatsApp Image 2017-08-28 at 12.53.04

Acara pembekalan petani kopi yang diisi oleh para staf Kebun Getas baik dari on farm maupun off farm ini meliputi materi budidaya tanaman kopi, pemilihan klon kopi, pembibitan, pemeliharaan, hingga panen. Kemudian dilanjutkan dengan studi di Pabrik Kopi Banaran mengenai pengolahan kopi, dari penerimaan kopi, proses pengolahan basah dan kering, sortir kopi hingga grading kopi, sehingga menghasilkan kopi dengan kualitas prima dari hulu hingga hilir.

 

Hadir pula memberikan semangat bagi petani kopi, Ibu Dessy Romas, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung. Beliau menyampaikan “Antusiasme tinggi petani kopi dalam mendengarkan paparan dari narasumber, menunjukkan keinginan mereka dalam meningkatkan kualitas Kopi Lampung, membuat mata mereka terbuka bahwa perlu adanya perbaikan pada tanaman kopi yang mereka tanam. Sehingga saat kembali ke daerah nya masing-masing, ilmu ini dapat diterapkan dengan optimal”

Tulis Komentar


Copyright © 2017 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution