DSC_0174Sebagai  tindaklanjut Sinergi PTPN IX dan PTPN XIII dalam bidang pengembangan sistem informasi online di PTPN IX, Tim PTPN IX bersama dengan Tim TI  PTPN XIII melakukan evaluasi terhadap ujicoba operasional aplikasi PB71 dan Inventory online di PTPN IX pada tanggal 6-8 Mei 2013 bertempat di Kantor Pusat PTPN IX Semarang.  Ujicoba operasional Aplikasi PB71 dan Inventory online, dimulai sejak bulan buku Januari 2013 s.d April 2013.  Pola ujicoba operasional aplikasi online di PTPN IX adalah mengoperasikan aplikasi online tersebut,  secara bersama dengan sistem yang lama (offline).  Evaluasi ini bertujuan untuk melihat kinerja aplikasi, data, dan jaringan serta pemahaman dari para operator untuk operasional aplikasi.

Dalam proses evaluasi, seluruh unit kerja menghadirkan operator yang bertugas untuk input data didampingi Kepala Tata Usaha (KTU) serta Tim TI PTPN XIII dan Tim PTPN IX secara bersama melakukan pemantauan terhadap data hasil inputan kedalam aplikasi dimaksud.  Selanjutnya dilakukan komparasi terhadap output dari aplikasi online dengan output dari sistem offline.  Hal seperti ini selayaknya dilakukan dalam proses migrasi dari sistem offline ke sistem online.

Diharapkan, setelah komparasi selesai, PTPN IX akan segera melakukan implementasi PB71 dan Inventory online pada tahap kedua yaitu  untuk bulan buku Mei dan Juni 2013 .  Direncanakan pada bulan buku Juli 2013, sistem online diberjalankan untuk proses pembukuan transaksi laporan keuangan dan inventory dan sistem offline dihentikan.

Adi Prasongko, Direktur Utama PTPN IX dalam arahannya pada pembukaan acara evaluasi tersebut menyampaikan “Tujuan dari aplikasi online ini, tentunya untuk mendapatkan efisiensi dan efektifitas dari sistem pelaporan di PTPN IX dan ujungnya agar perusahaan lebih efisien. Tentunya untuk tujuan itu, diperlukan perubahan ke arah yang lebih baik, sehingga operator yang bertugas sebagai input data, harus konsisten dan komit dalam proses input data, dan saat inilah kita sedang melakukan perubahan tersebut. Saya berharap Sinergi PTPN IX dengan PTPN XIII dalam hal ini, menjadikan kedua perusahaan menjadi lebih baik“.

Unang Kuswono, Kepala Bagian TI PTPN XIII, juga menyampaikan sambutannya pada acara tersebut “proses ini harus dilewati oleh teman-teman di PTPN IX, dan hal serupa juga pernah di alami oleh teman-teman di PTPN XIII sebelumnya. Karena kegiatan seperti inilah yang nantinya akan membuat  proses pembukuan laporan keuangan dan inventory di PTPN IX menjadi lebih mudah, cepat, akurat, tepat, serta membantu Direksi dalam proses pengambilan keputusan yang cepat, sehingga kedepan perusahaan akan lebih efisien“.

shj/uk.2013

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution