PTPN IX selenggarakan buka sadap tanaman Karet

Dikirim oleh : admin, Pada 18.10.2013 | News | 0 comment

Buka sadap TT 2008
Semarang, Pengelolaan komoditas perkebunan baik karet, teh, kopi, maupun tebu memerlukan perencanaan tanam yang tepat sehingga kesinambungan produksi dapat selalu terjaga. Khusus Tanaman karet yang membutuhkan siklus 25 tahun untuk proses peremajaan perlu disiapkan dengan rencana yang tepat baik TTI, TTAD, TBM maupun TM.
PTPN IX di beberapa unit kerja kebun tanaman karet mulai memasuki masa menghasilkan (TM) khususnya untuk tahun tanam 2008. Kegiatan buka sadap awal yang diselengarakan sebagai tanda simbolis bahwa tanaman karet tersebut siap untuk disadap dan menghasilkan getah karet dilaksanakan oleh Kepala Bagian Tanaman (Adi Budi Kusumo) didampingi Administratur dan karyawan kebun.
Kegiatan buka sadap merupakan kegiatan sebagai pertanda tanaman karet tahun tanam 2008 siap untuk menghasilkan produksi karena secara kultur tanaman perubahan dari TBM (Tanaman Belum Menghasilkan ) ke TM (Tanaman Menghasilkan) membutuhkan waktu kurang lebih 5 tahun.
Agung Prasetyo (Kepala Urusan Ekspliotasi Karet) menyatakan komoditas karet memerlukan penanganan yang sempurna khususnya di awal pembibitan, proses memasuki TTAD, TBM dan TM Muda. Pada masa itu perlu diberikan makanan ekstra(pupuk) agar pertumbuhan dapat sempurna sehingga penyadapan dapat dilakukan 5 tahun kedepan. Alhamdulillah untuk tahun tanam 2008 dapat dilakukan buka sadap di tahun 2013 dan mudah-mudahan dapat mengeluarkan getah karet yang maksimal.

shj.2013

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution