Rangkaian Kegiatan Penyusunan Laporan KPKU PTPN IX

Dikirim oleh : adminweb, Pada 21.09.2015 | Event, News | 0 comment

Septanti R. - Kepala Urusan Manrisk sekaligus tim evaluator KPKU memberikan penjelasan kepada peserta di Ruang Hevea kantor Direksi Semarang.

Semarang – Kamis 17/9/2015 telah dilaksanakan Persiapan Penyusunan Laporan KPKU di Ruang Hevea kantor Direksi Semarang. Acara dihadiri oleh Kepala Urusan PTPN IX bersama staff,  Tim Evaluator KPKU dan dibuka langsung oleh Direktur Utama PTPN IX-Adi Prasongko. Dalam sambutannya Adi Prasongko menyampaikan bahwa ujung dari penilaian KPKU adalah untuk menentukan langkah bagaimana perusahaan agar  memiliki daya saing yang tinggi, mendeteksi kesalahan di tiap kegagalan untuk mengetahui dan memperbaikinya sebagai bentuk evaluasi. Di tengah situasi penurunan harga komoditas seperti saat ini yang perlu diperbuat adalah menjaga kekompakan dan tidak perlu menyalahkan satu sama lain,menyadari bagaimana harus bersikap dan menyiapkan langkah yang tepat untuk melewati krisis, tambahnya.

Salah satu peserta memberikan komentar dalam acara Persiapan penyusunan laporan KPKUAcara dilanjutkan dengan presentasi oleh tim evaluator KPKU dalam rangka penyusunan pelaporan tahun 2015.  Sesuai Surat Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor : S-08/S.MBU/2013 tanggal 16 Januari 2013 tentang Penyampaian Pedoman Penentuan Key Performance Indicators (KPI) dan Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) BUMN, KPKU merupakan landasan dan referensi dalam pengelolaan BUMN menuju pencapaian kinerja unggul. KPKU juga dapat dijadikan sebagai alat untuk pelaksanaan self-assessment  BUMN dan pemberian umpan balik kepada masing-masing BUMN. Selain itu, KPKU memiliki tiga peran penting dalam memperkuat daya saing BUMN:

  • Membantu memperbaiki kapabilitas dan kinerja BUMN, baik finansial maupun non finansial
  • Memfasilitasi komunikasi dan berbagi informasi mengenai praktik-praktik terbaik
  • Berfungsi sebagai alat kerja untuk memahami dan mengelola kinerja dan untuk memandu perencanaan serta pembelajaran organisasi

KPKU didesain untuk menyediakan pendekatan (metode/sistem) terpadu dalam pengelolaan kinerja BUMN yang ditujukan untuk menghasilkan hal-hal sebagai berikut:

  • Penyampaian nilai yang selalu meningkat kepada pelanggan dan kepada pemangku kepentingan lainnya sehingga berdampak pada keberlangsungan perusahaan (company sustainability)
  • Peningkatan efektifitas dan Individu.

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution