pertamina 1

Pada hari Kamis dan Jumat tanggal 21-22 Maret 2013 Tim Manajemen Risiko PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) yang diketuai oleh Kepala Satuan Pengawasan Intern (SPI) & diikuti oleh 5 staf MR  melaksanakan kegiatan studi banding ke PT Pertamina  EP Jakarta yang diterima oleh Kepala Bagian Perencanaan Strategis dan Manajemen Risiko Bapak Teguh Wibowo.

Dipilihnya PT Pertamina EP karena dari hasil benchmark PT Pertamina EP ke beberapa perusahaan di luar negeri  terkait dengan implementasi MR ternyata pada beberapa aspek sudah lebih baik.

Beberapa agenda untuk acara studi banding tersebut antara lain :

  1. Mempelajari aktivitas Manajemen Risiko (rutin dan insidentil)
  2. Peran ERM dalam proses bisnis dan pengambilan keputusan
  3. Efektivitasn penerapan ERM
  4. Produk ERM dan pemanfaatannya
  5. Proses pengembangan ERM

pertamina2Setelah menyimak pemaparan yang disampaikan oleh pihak PT Pertamina EP dan hasil proses diskusi akhirnya bisa disimpulkan bahwa implementasi Manajemen Risiko di PT Pertamina EP memang sudah cukup maju. Namun demikian ada beberapa metode penerapan manajemen risiko yang sudah dilaksanakan di PTPN IX (Persero). Hal yang perlu mendapat perhatian dari hasil studi banding ini adalah produk / hasil-hasil manajemen risiko dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Direksi, kuatnya organisasi MR yang melalui pembentukan Komite MR yang diketuai oleh Presiden Direktur PT Pertamina EP dan Tim Unit Kerja MR berjumlah 40 orang, 24 orang diantaranya sudah CRMP dan yang bersertifikasi ERMCP sebanyak 2 orang. Selain itu juga dukungan dari sistim Teknologi Informasi yang cukup maju terhadap pelaksanaan MR. Untuk update register dan monitoring risiko cukup melalui program yang sudah dipasang pada server intranet sehingga bisa lebih cepat dan praktis.

Demikian sekilas pelaksanaan studi banding Tim manajemen risiko PTPN IX (Persero)  ke PT Pertamina EP Jakarta, semoga bermanfaat.

(ERM Div.)

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution