ULANG TAHUN KE 43 TEH HITAM KEBUN KALIGUA

Dikirim oleh : adminweb, Pada 02.06.2014 | Event | 0 comment

Direktur Utama PTPN IX membagikan sembako kepada masyarakat sekitar kebun

Minggu 1 Juni 2014 kebun Kaligua memperingati Hut Teh hitam yang ke 43 . Perkebunan teh Kaligua merupakan peninggalan Belanda yang didirikan oleh Van De Jong  yang merupakan bagian dari Fan John Pletnu & Co  sebagai  perwakilan di Indonesia yang ditunjuk  oleh NV. Cultur Onderneming pada tahun 1879. Dalam sejarahnya, proses pendirian pabrik teh Kaligua 1971 ditandai dengan datangnya ketel uap yang ditempuh dengan jalan kaki dibawa secara gotong royong menempuh jarak 15 Km dan memakan waktu 20 hari untuk mencapai lokasi dimana pabrik teh sekarang ini  berada. Untuk menghilangkan rasa capai dan lelah, maka rombongan tersebut diiringi oleh satu group penari Ronggeng lengkap dengan gamelan yang digunakan untuk mengiringi tarian. Maka untuk merayakan ulang tahun berdirinya perkebunan teh Kaligua dan mengingat sejarah tersebut setiap tanggal 1 Juni selalu diadakan hiburan tarian Ronggeng.

Tari RonggengHadir dalam acara tersebut, Direksi PTPN IX (Persero), Muspika, dan Pejabat Puncak PTPN IX (Persero).Administratur Kebun Kaligua Sigit Pramono mengatakan bahwa   kebun kaligua selalu berbenah diri dengan mengembangkan antara lain penambahan cottage, kuda wisata,  ATV,  dan  wahana permainan anak – anak. Program tersebut merupakan upaya dalam rangka meningkatkan pendapatan sekaligus selalu bermitra dengan masyarakat sekitar kebun.

Dari sektor produksi maupun agrowisata selalu bekerja sama dengan desa dan Pemda Kab. Brebes terus berbenah secara bertahap sehingga dapat menambah pendapatan Asli Daerah.

Dalam sambutannya Direktur Utama Adi Prasongko mengatakan Ulang tahun Kaligua ini harus mempunyai makna yang sangat dalam keberadaan. kebun harus mempunyai makna buat lingkungan sekitar dan karyawan. Kebun Kaligua harus mampu menjadi sumber kehidupan dan kesejahteraan karyawan.

Bersamaan dengan HUT pengolahan teh hitam juga diresmikan pengolahan AMDK(Air minum dalam kemasan) dan pemberian sembako kepada warga sekitar dan anak yatim piatu sekitar kebun sebanyak 100 paket sembako.

 

Humas

Tulis Komentar


Copyright © 2016 - PTPNIX. All Right Reserved.
Best Viewed with Firefox in 1024 x 768px Resolution