Skip to Content

Blog

PTPN IX BUKTIKAN KEMATANGAN DALAM PENERAPAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI

Semarang, Setelah mendapatkan berbagai penghargaan di Tahun 2022, PTPN IX telah memenuhi salah satu target KPI Corporate Kontrak Manajemen Tahun 2022 Bidang Kepemimpinan Teknologi Informasi dari Holding Perkebunan Nusantara yaitu Pelaksanaan Assessment IT Maturity Level 2022 untuk menilai tingkat kematangan tata kelola proses IT yang berjalan di PTPN IX.

Dalam pelaksanaan Assessment IT Maturity Level 2022 yang menggunakan Framework COBIT 2019, PTPN IX berhasil mendapatkan hasil status Terdefinisi dengan hasil skor 3,63 meningkat signifikan dari skor 2,54 di tahun 2021 dan Skor 2,16 di tahun 2019 serta diatas target yang ditetapkan Holding Perkebunan Nusantara (target skor 3).

Hasil pencapaian Skor IT Maturity Level tersebut merupakan sebuah tolak ukur indikator keberhasilan penerapan tata kelola Teknologi Informasi yang cukup membanggakan karena hal itu dapat disimpulkan bahwa Proses tata kelola teknologi informasi di PTPN IX dalam pencapaian tujuannya sudah menggunakan cara yang lebih terorganisir serta terdefinisi baik dengan memberdayakan aset organisasi.

Implementasi Teknologi Informasi untuk mendukung Proses Bisnis dalam mencapai tujuannya sudah merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting di era disrupsi teknologi saat ini dan untuk terus mewujudkan keberhasilan dalam kepemimpinan teknologi, PTPN IX siap untuk terus berkomitmen dalam meningkatkan kematangan dan mutu tata Kelola Bidang Teknologi Informasi dengan terus mengkolaborasikan seluruh stakeholder di PTPN IX dengan baik dan optimal.

#PTPNGroup #PTPNMilikBangsa #TransformasiPTPN #AKHLAK #BeingExcellentAgribusinessCompany #PTPNJuara

0 Continue Reading →

TINGKATKAN LOYALITAS DAN DEDIKASI AGAR TUJUAN PERUSAHAAN TERCAPAI

SEVP Operation PTPN IX Dr. Budiyono, S.H., M.H. melakukan kunjungan kerja ke Unit Kebun Warnasari Kab. Cilacap pada hari Kamis,19 Januari 2023,  dalam arahannya kepada para Karyawan hingga ke level mandor, SEVP Operation berpesan untuk selalu meningkatkan dedikasi, loyalitas kepada Perusahaan, serta tidak lupa  meningkatkan pengawasan dan  selalu berdoa kepada Allah SWT dalam upaya meningkatkan kinerja Unit Kebun Warnasari. SEVP Operation bersama tim Bagian Operasional selama berada di Unit Kebun Warnasari memantau berbagai proses bisnis antara lain proses sadapan, pengawalan investasi (TTI/TBM) Karet serta KBD Tebu.
 
SEVP Operation tidak lupa  mengapresiasi Unit Kebun Warnasari  atas upaya mengubah areal hiaten yang ada di kebun menjadi lahan tebu yang produktif.
 
#PTPNGroup #PTPNMilikBangsa #TransformasiPTPN #AKHLAK #BeingExcellentAgribusinessCompany #PTPNJuara #SelamatNatal #TahunBaru2023
0 Continue Reading →

STRATEGI TERENCANA PASTI MAKSIMAL PRODUKSINYA

 
Direktur PTPN IX Dodik Ristiawan melakukan kunjungan kerja ke Unit Kebun Merbuh, Kabupaten Kendal (14/1) dalam rangka memastikan penggunaan areal konsesi terencana dan optimal dalam pemanfaatannya, areal hiaten terisi dengan tanam ekonomis, tepat dalam pemilihan areal TTI Karet Tahun 2023.
 
 
Disamping itu, Direktur PTPN IX juga meminta Manager Kebun Merbuh yang diwakili Asisten Kepala dan seluruh Asisten, mengoptimalkan blok-blok tanaman karet yang belum berkembang capaian produksinya.
 
 
Dalam diskusi di lapangan, Direktur PTPN IX menegaskan 2 hal utama yang menjadi tanggung Jawab Manager, Askep dan Asisten tanaman yaitu memastikan  secara rutin pohon tersedia untuk di sadap dan melakukan kontrol perilaku operator/SDM melalui aturan/sistem kerja baik tertulis maupun kesepakatan-kesepakatan tidak tertulis yang menginduk pada SOP perusahaan serta keteladanan pemimpin di semua lini.
 
#PTPNGroup #PTPNMilikBangsa #TransformasiPTPN #AKHLAK #BeingExcellentAgribusinessCompany #PTPNJuara
0 Continue Reading →

Berpikir Kreatif Untuk Maksimalkan Potensi Produksi

 
Direktur PTPN IX, Dodik Ristiawan melaksanakan kunjungan kerja ke Unit Kebun Blimbing, Kabupaten Pekalongan pada Senin, 16 Januari 2023. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka mengevaluasi pencapaian produksi di tahun 2022 serta optimalisasi kinerja komoditas karet PTPN IX.
 
 
Dalam arahannya Direktur meminta untuk memperhatikan beberapa hal sebagai dasar kesiapan eksploitasi tanaman seperti, kontrol pengawasan, kelengkapan peralatan sadap seperti pisau, talang, mangkok, kontrol perilaku tenaga sadap, memperhatikan Kesehatan, Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) hingga ke level Afdeling dan didorong dengan Berpikir Kreatif agar mencapai hasil produksi yang maksimal.
 
 
#PTPNGroup #PTPNMilikBangsa #TransformasiPTPN #AKHLAK #BeingExcellentAgribusinessCompany #PTPNJuara
0 Continue Reading →

DIREKTUR KAWAL PERSIAPAN TTI DAN PEMELIHARAAN TBM KARET

 
Direktur PTPN IX, Dodik Ristiawan melakukan kunjungan awal tahun 2023 ke Unit Kebun Balong, Kab. Jepara pada tanggal 9 Januari 2023 didampingi oleh Bagian SPI dan Operasional. Kunjungan tersebut dilaksanakan untuk memastikan  perbaikan komposisi tanaman karet khususnya persiapan TTI dan pemeliharaan TBM Karet sebagai fokus utama bagi seluruh Manager Unit Kebun PTPN IX. 
 
Disamping target produksi karet yang menjadi keharusan untuk diraih, dalam kunjungan di lapangan Direktur PTPN IX juga menekankan kepada  Manager Balong untuk mengoptimalkan kinerja komoditas tebu giling dan penyiapan kebun bibit tebu dengan tipe varietas utama Mojo 1, PSJT dan BL.
 
#PTPNGroup #PTPNMilikBangsa #TransformasiPTPN #AKHLAK #BeingExcellentAgribusinessCompany #PTPNJuara
0 Continue Reading →

PTPN IX PEDULI, SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN BANJIR DI SEMARANG

Curah hujan yang tinggi di  Kota Semarang menyebabkan terjadinya bencana banjir dengan ketinggian bervariasi antara 30 – 100cm di beberapa wilayah, diantaranya Kecamatan Tugu, Ngaliyan, Gayamsari hingga ke Rowosari. Untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir, PT Perkebunan Nusantara IX melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) memberikan bantuan berupa sembako, makanan siap saji, popok bayi, obat-obatan, alat kebersihan dan sebagainya.
 
Bantuan disalurkan oleh tim BUMN Muda PTPN IX bersinergi dengan Sub Bagian TJSL ke wilayah Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang pada hari Selasa, 10 Januari 2023. Sekretaris Perusahaan PTPN IX, Wahyudi menyampaikan bahwa penyerahan bantuan bagi korban banjir di Kota Semarang merupakan bentuk kepedulian dalam situasi tanggap darurat bencana yang terjadi khususnya di wilayah Provinsi Jawa Tengah.
 
PTPN IX selalu berkomitmen hadir di tengah masyarakat serta berperan aktif dalam membantu dan meringankan beban masyarakat terdampak bencana alam.
 
#PTPNGroup #PTPNMilikBangsa #TransformasiPTPN #AKHLAK #BeingExcellentAgribusinessCompany #PTPNJuara
0 Continue Reading →

Salurkan 1,28 Milyar, PTPN IX Dukung USaha Mikro & Kecil di Tahun 2022

PT Perkebunan Nusantara IX telah menjalankan komitmen untuk turut mendukung Usaha Mikro & Kecil yang tertuang dalam bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan yang ditujukan kepada masyarakat melalui program penyaluran Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK).

Pada tahun 2022, PTPN IX telah menyalurkan dana PUMK sebesar Rp1.280.000.000 kepada 20 Mitra Binaan. Wahyudi, Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan dalam kesempatannya menyampaikan bahwa penyaluran dana ini sebagai modal kerja yang  memberikan manfaat yang positif bagi mitra binaan dan memberikan keberkahan sehingga usaha yang dibangun bisa lebih berkembang. Wahyudi yang secara langsung pada saat penandatanganan SPKS berpesan kepada seluruh mitra binaan untuk saling bersinergi dan menguatkan satu sama lain sehingga hubungan yang dibangun antar mitra menjadi jalur networking dalam pengembangan bisnis yang dirintis. Di samping pendanaan, PTPN IX juga turut memberikan bantuan berupa pelatihan, sertifikasi, dan juga membuka kesempatan bagi mitra binaan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan pameran.

Harapannya, program pendanaan ini dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat. dan adanya usaha yang dibangun oleh masing-masing mitra menjadi peluang untuk terciptanya lapangan kerja baru sehingga taraf kehidupan masyarakat sekitar semakin mambaik serta turut membangun perekonomian Indonesia.

Haryati, sebagai salah satu mitra binaan yang mendapatkan bantuan modal menyampaikan, “adanya bantuan dana modal ini, usaha keripik semakin berkembang. Yang dulu belum bisa menggunakan mesin, sekarang bisa menggunakan mesin dan pekerjaan menjadi efektif. Melalui program ini saya juga dapat menjalin relasi antar sesama pelaku usaha,” ujarnya.

PT Perkebunan Nusantara IX turut berkontribusi dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Seluruh program TJSL yang dilakukan PTPN IX sejalan dengan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance).

Perencanaan Program TJSL pada tahun 2023 dilakukan dengan mempertimbangkan masa depan yang berkelanjutan dengan berkolaborasi stakeholder dalam mengembangkan potensi lokal yang melibatkan pemberdayaan masyarakat dan menjaga kelestarian alam dan konservasi keanekaragaman hayati demi memberikan dampak positif meningkatkan kualitas hidup masyarakat berdasarkan pada Tanggung Jawab Sosial ISO 26000.

 

0 Continue Reading →

PENDAPATAN OPTIMALISASI ASET PERUSAHAAN

PTPN IX sebagai salah satu anak Perusahaan Holding Perkebunan terus berupaya mengexplorasi sumber pendapatan di luar core business perkebunan, diantaranya dengan optimalisasi aset di berbagai sektor industri diantaranya kawasan industri, wisata agro, rest area serta perikanan. Selain memanfaatkan aset secara mandiri PTPN IX juga berkolaborasi dengan mitra strategis baik dari pihak swasta maupun BUMN lain sejalan dengan program prioritas transformasi Holding Perkebunan.

Yang terbaru PTPN IX mengembangkan bisnis restoran dengan memanfaatkan aset yang berlokasi di Kawasan Kota Lama Semarang. Restoran dan Coffeeshop dengan nama Latar Kota by Banaran dibuka secara resmi oleh Manajemen pada tanggal 23 Desember 2022, dengan mengedepankan tema industrial vintage diharapkan mampu memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pengunjung dan wisatawan.

SEVP Business Support PTPN IX, Affan Safiq dalam kesempatannya menyampaikan “Posisi geografis PTPN IX di Jawa Tengah memberikan peluang dalam melakukan kolaborasi dengan Mitra Strategis untuk memaksimalkan pendapatan bisnis non core dari aset-aset potensial. Pelaksanaan optimalisasi aset ini juga sudah diatur dalam Permen BUMN dan Perdir Holding serta sejalan dengan Program Strategis dari Holding Perkebunan.”

Hingga penghujung tahun PT Perkebunan Nusantara IX telah mencatatkan beberapa capaian  dari optimalisasi aset dengan membukukan pendapatan  sebesar 52,4 Milyar. Capaian sebesar 171% ini melebihi target senilai 30,6 Milyar, menyumbang 8,4 % dari total pendapatan keseluruhan perusahaan hingga bulan November 2022.

PTPN IX terus berupaya meningkatkan kinerja melalui langkah-langkah strategis  dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance serta  disaat yang sama menjaga keberlanjutan kelestarian lingkungan, demi menjadi perusahaan agrobisnis yang berdaya saing tinggi dan tumbuh berkembang bersama mitra.

#PTPNGroup #PTPNMilikBangsa #TransformasiPTPN #AKHLAK #BeingExcellentAgribusinessCompany #PTPNJuara 

0 Continue Reading →

PTPN IX RAIH 2 PENGHARGAAN SEKALIGUS PADA TOP DIGITAL AWARD 2022

PT Perkebunan Nusantara IX kembali menorehkan prestasi dengan meraih  dua penghargaan sekaligus pada ajang Top Digital Award 2022. Kedua penghargaan yang berhasil di dapat yaitu  Top Digital Implementation 2022 Stars 3 dan Top Leader on Digital Implementation 2022 yang diraih oleh Dodik Ristiawan selaku Direktur PTPN IX. Penghargaan ini diterima langsung oleh Setyanto selaku Kasubag TI  pada hari Kamis,15 Desember 2022 di Hotel Rafles Jakarta dengan mengusung tema “The Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government”.
 
Top Digital Awards 2022 yang diselenggarakan oleh majalah It Works yang bekerjasama dengan sejumlah Asosiasi TI & TELCO Indonesia ini merupakan ajang tahunan Penilaian & Penghargaan IT Digital terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Ajang ini juga bertujuan untuk dapat mendorong peningkatan implementasi dan pemanfaatan solusi digital di berbagai industri guna meningkatkan daya saing perekonomian nasional untuk menuju Indonesia yang semakin maju dan sejahtera.
 
 
Sejalan dengan tema Top Digital Awards 2022 tahun ini, Raihan yang berhasil diraih PTPN IX tentu telah memenuhi kriteria penilaian di mana perusahaan telah berhasil dalam mengimplentasi dan memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kinerja maupun operasional bisnis dan membuktikan bahwa PTPN IX merupakan perusahaan yang telah memiliki sistem tata kelola teknologi digital yang baik.
 
Hal ini melengkapi pencapaian positif yang diraih oleh Perusahaan khususnya bidang Teknologi informasi di tahun 2022. Sebagai tambahan informasi tahun ini PTPN IX telah  mengantongi dua  penghargaan di bidang TI yaitu sebagai pemenang di ajang Planters Innovation Summit (PIS) 2022 kategori Technology Breaktrough yang diselenggarakan oleh Holding PTPN Group, serta raihan dari ajang Top Digital Awards 2022 yang diselenggarakan  majalah Top Business.
 
#PTPNGroup #PTPNMilikBangsa #TransformasiPTPN #AKHLAK #BeingExcellentAgribusinessCompany #PTPNJuara
0 Continue Reading →

PTPN IX LAKSANAKAN AUDIT EKSTERNAL SISTEM MANAJEMEN ANTI PENYUAPAN

PTPN IX sebagai salah satu anak perusahaan Holding Perkebunan, melaksanakan Proses Audit Surveilen Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016 SMAP yang dilakukan oleh PT TUV Nord Indonesia sebagai salah satu dari 10 lembaga sertifikasi SMAP yang telah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional.
 
Proses Audit SMAP ini dihadiri oleh Dewan Komisaris, Board of Management, dan Tim penerapan SMAP PTPN IX berlangsung selama 2 hari dari tanggal 15-16 Desember 2022 di Ruang Hevea Kantor Direksi PTPN IX.
 
ISO 37001:2016 SMAP, merupakan standar yang menjadi pedoman bagi organisasi swasta maupun publik dalam mengambil langkah-langkah preventif guna mencegah, mendeteksi, maupun mengatasi penyuapan dalam bentuk apapun yang mungkin terjadi di lingkungan perusahaan.
 
 
Dalam sambutannya Komisaris Utama PTPN IX, M. Syarkawi Rauf mendukung sekaligus mengapresiasi jajaran Manajemen atas  upaya pengembangan SMAP yang tidak hanya menyentuh stakeholder internal, namun juga  kepada pihak stakeholder eksternal. Komisaris Utama berharap dengan tata kelola yang baik, mampu memberikan kontribusi terhadap performance bisnis perusahaan.
 
Direktur PTPN IX, Dodik Ristiawan menyampaikan bahwa pelaksanaan audit SMAP ini adalah salah satu proses  untuk memastikan bahwa sistem yang berjalan dalam bisnis dan operasi PTPN IX mampu mencegah dari potensi penyuapan yang dapat mengganggu bisnis, operasi dan reputasi Perusahaan, dalam menghasilkan produk perkebunan yang berkelanjutan dan menciptakan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan.
 
Jojok Widyharsojo, Auditor TUV Nord Indonesia setelah pelaksanaan proses audit menyampaikan resume kepada jajaran Manajemen serta meminta kepada tim audit internal tetap mengedepankan komunikasi yang efektif untuk mengklarifikasi lebih detail dalam melaksanakan langkah langkah improvement, serta mempertahankan  dan memonitor capaian yang telah diraih dengan baik.
 
 
#PTPNGroup #PTPNMilikBangsa #TransformasiPTPN #AKHLAK #BeingExcellentAgribusinessCompany #PTPNJuara #SMAP #AntiPenyuapan
0 Continue Reading →
On The Online Website asian sexdollcheap love dollsmall sex doll porncheap sex dolllife like sex dollsasian fuck dollreal doll sex toy.
On The Online Website sex dolllove sex dollrealistic sex dollcheap love dollsmall sex doll porn.