Doc.Humas/N9.2018

Doc.Humas/N9.2018

Perkembangan teknologi di era globalisasi selalu berubah dengan cepat dan selalu up to date, bahkan dunia sudah ada dalam genggaman tangan. Cukup dengan berbekal ponsel berbasis android dan satu sentuhan saja manusia bisa mendapatkan segala sesuatu yang diingikan. Fenomena ini merambah ke dalam setiap sendi kehidupan, baik perorangan apalagi suatu perusahaan. Jika sebuah usaha ingin tetap bertahan dan semakin maju, maka harus mengikuti dan menerapkan teknologi secara terus menerus.

Perusahaan perkebunan yang sebagian besar masih mengandalkan tenaga kerja manusia yang begitu banyak dan proses bisnis yang masih menggunakan mesin-mesin manual atau konvensional, sangat memerlukan inovasi di bidang teknologi, dari sejak persiapan dan penanaman bibit, pemeliharaan, panen, pengolahan, pengemasan, distribusi, serta pemasaran masih terbuka luas untuk dikembangkan.

 

Sementara itu dunia pendidikan yang semakin luas dan banyak bermunculan disiplin ilmu baru, sungguh merupakan peluang terbuka bagi perkembangan ilmu dan teknologi. Teori yang didapatkan dalam dunia pendidikan memerlukan tempat untuk menerapkan dan mengapilkasikan ilmu yang telah ditempuh. menyadari hal itu PTP Nusantara IX dengan Universitas Semarang, khususnya Fakultas Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi telah melakukan kerjasama, dalam bidang pengembangan mahasiswa dalam bentuk kerja praktek atau magang di lingkungan kerja PTP Nusantara IX.

Mengawali program ini beberapa waktu lalu telah dilakukan program magang, untuk mahasiswa USM yang dilakukan di Unit Kebun Ngobo, yaitu, penerapan Aplikasi Kontrol Suhu Kamar Asap berbasis Android. Dimana sebelumnya suhu ruang asap pengolahan karet dikontrol menggunakan termometer analog, maka saat ini sudah dilakukan uji coba menggunakan digital. Informasi suhu dapat dilakukan lewat PC, Laptop bahkan Android, selama masih ada jaringan internet. Aplikasi ini dapat menyajikan data suhu secara realtime dan dapat diakses dari lokasi manapun selama ada jaringan internet.

Dok.Humas/N9.2018

Teknologi hasil karya mahasiswa ini memang belum sempurna, namun setidaknya sudah dapat menampilkan fitur-fitur standar yang dapat dipakai untuk menunjang laporan data suhu kamar asap. Pada tanggal 5 Oktober 2018, telah dilakukan pemasangan alat pengontrol suhu kamar asap di Kebun Ngobo oleh Choirul mahasiswa USM didampingi Errika Dwi Setya Watie selaku Pembantu Dekan FTIK dan April Firman Daru Ketua Jurusan Teknologi Informasi. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat membawa keuntungan dari kedua pihak untuk berkembang dan maju bersama, terutama dalam pengembangan teknologi.