Bawen – Kampoeng Kopi Banaran  salah satu unit usaha PT Perkebunan Nusantara IX menyelenggarakan Banaran Coffe Festival (BCF) 2019 yang di gelar pada tanggal 24-25 Agustus 2019. Dalam kegiatan tersebut 50 kedai kopi yang berpartisipasi dari berbagai daerah di Pulau Jawa akan menghidangkan 7.400 cangkir kopi gratis yang akan dibagikan pada pengunjung.

Selain kopi gratis panitia juga mempersiapkan berbagai atraksi menarik antara lain Latte Art Competition, tour pabrik dan  kebun kopi, coffee camp hingga lomba foto BCF. Para pengunjung juga bisa merasakan sensasi  menikmati kopi di tengah perkebunan kopi di areal Kampoeng Kopi Banaran seluas 400 Hektar

Aditya Yoga Kusuma – Ketua Panitia gelaran Banaran Coffee Festival 2019 menjelaskan bahwa kegiatan tahunan BCF merupakan kegiatan yang sudah kedua kalinya digelar. diharapkan BCF bisa menjadi ajang silaturahmi dan berbagi para pegiat kopi Nusantara.

Tentang pemilihan lokasi Kampoeng Kopi Banaran, Yoga menjelaskan selain lokasinya yang strategis, berada di jalur persimpangan dari arah Semarang, Yogyakarta maupun Solo, obyek wisata milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX itu juga memiliki menjadi daya tarik tersendiri untuk penyelenggaraan acara bertema kopi.

 

Pada acara Coffee Talk yang diisi antara lain oleh Iryanto Hutagaol –  Direktur Utama PTPN IX, Sadiman Alkundarto – Dosen UIN, Ir. Suryo Banendro – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan prov Jateng, Mukidi – Petani kopi, Teddy – Supplier peralatan kopi membahas tentang Potensi pemasaran kopi  lokal dari Provinsi Jawa Tengah cukup terbuka lebar untuk pasar nasional maupun internasional, jumlah peminum kopi di Indonesia masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan para peminum kopi yang ada di negara-negara lain, apalagi di negara maju. Dimana konsumsi kopi nasional baru mencapai 1,3 kilogram per tahun per orang. Sedangkan di negara-negara maju, konsumsi kopi saat ini sudah mencapai 7 hingga 11 kilogram per kapita per tahun.  Fakta tersebut menunjukkan peluang bisnis kopi masih cukup besar sekali untuk Indonesia, ujar Iryanto Hutagaol.

Selain Coffee talk para penggiat kopi BCF 2019  diajak menikmati pengalaman berbeda dari acara kopi lainnya yaitu Coffee Camp, dimana para pengunjung bisa menginap di tengah kebun kopi dan melihat proses panen hingga pengolahannya langsung di pabrik Kopi Banaran yang terletak di Gemawang – Jambu dan telah beroperasi sejak 1911.