Khasanah budaya nusantara begitu beragam dan penuh keunikan, menyatu dengan kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya. Dari Sabang sampai Merauke, selalu menampilkan keindahan yang tidak lekang oleh waktu. Begitupun dalam budaya berbusana, Indonesia memiliki corak ragam batik yang unik dan indah. masin-masing daerah memiliki ciri khas dari yang etnik sampai modern.

 

Dok.Humas/Gatot.2018

 

Kata “batik” sendiri berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: “amba”, yang bermakna “menulis” dan “titik” yang bermakna “titik”. Batik merupakan warisan budaya nenek moyang yang harus selalu dilestarikan, karena sudah diakui oleh dunia. Maka untuk lebih membuat kain batik menjadi ikon sekaligus menjadi identitas bangsa Indonesia, pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional.

Semarak Hari Batik Nasional begitu terasa di setiap kehidupan masyarakat terutama di lingkungan pegawai pemerintah maupun swasta. PT Perkebunan  Nusantara IX sebagai bagian dari BUMN Perkebunan ikut ambil bagian mensukseskan dengan mengajak segenap karyawan untuk mengenakan baju batik pada tanggal tersebut. Dengan mencintai batik berarti kita sudah ikut mewarisi dan melestarikan seni batik, selamat hari batik nasional