Serikat Pekerja Perkebunan IX Tanaman Tahunan (FSPBUN IX TT) menggelar aksi damai pengamanan lahan di Kebun Kawung Afdeling Gunung Panenjoan, Blok Cikuya, Desa Bantar, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap. Kamis, 10 Oktober 2019.

Aksi tersebut dilakukan FSPBUN IX TT dilakukan untuk menyikapi terjadinya gangguan usaha perkebunan oleh sekelompok masyarakat yang berusaha menguasai lahan dan mendirikan bangunan di blok Cikuya.

Dalam apel siaga yang dilaksanakan pada pagi hari, Ketua Umum FSPBUN IX TT – Budiyono menyampaikan kepada perwakilan SATGAS yang berasal dari seluruh kebun untuk bersama membela perusahaan dan mengamankan asset yang dimiliki dari penjarahan oleh kelompok masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

Setelah apel siaga, rombongan SATGAS bergerak menuju blok Cikuya untuk melakukan aksi penanaman kembali serta pemasangan patok tanda bahwa areal yang sudah didirikan bangunan oleh masyarakat tersebut merupakan asset milik PT Perkebunan Nusantara IX.

Ketua Umum FSPBUN menuntut kepada aparat keamanan bisa memberikan jaminan agar permasalahan yang terjadi bisa diselesaikan, baik dengan jalur hukum atau dengan dengan membongkar bangunan yang sudah berdiri di areal milik PT Perkebunan Nusantara IX.

Direktur Operasional Tanaman Tahunan (DOTT) – Mahmudi mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh para karyawan terkait pengamanan asset di Kebun Kawung. DOTT juga mengungkapkan niatan baik perusahaan untuk selalu membina hubungan baik kepada lingkungan sekitar, sehingga terbangun iklim kerja yang baik dalam operasional perusahaan.