Industri kreatif di Jawa Tengah semakin menggeliat dari setiap tahun, hal ini terbukti dengan antusiasme pelaku bisnis UMKM, selalu meningkat. Pada gelaran pameran industri kecil dan menengah yang dimulai tanggal 4 sampai dengan 8 Oktober 2018 kali ini dilaksanakan di Mall Ciputra Semarang, mengusung thema Cinta Produk Indonesia. Diikuti oleh 47 stand UMKM yang menampilkan berbagai macam produk unggulan, berupa kerajinan batik, tas, kerajinan tangan dapat dijumpai. Oleh panitia penyelenggara ditargetkan transaksi yang terjadi tahun 2018 ini meningkat dari tahun 2017 yaitu diatas 2,5 milyard.

Sambutan Gubernur Jateng

Dalam kesempatan ini Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, menghimbau agar industri kreatif dan UMKM di Jawa Tengah menjadi pelopor untuk daerah-daerah lain bahkan dijadikan acuan skala nasional. lebih jauh ganjar mewanti-wanti untuk pengembangan produk-produk UMKM diperlukan SDM yang memiliki profesionalitas di semua bidang untuk menyongsong revolusi industri 4.0, peningkatan kwalitas produk, fasilitas permodalan dan pelatihan yang handal, semua ini diperlukan untuk tercapainya berdikari produk dalam negeri. Pada akhirnya UMKM akan menjadi pioner pengembangan industri kreatif dengan dukungan masyarakat untuk lebih mencintai produk-produk dalam negeri.

Acara pembukaan dihadiri oleh berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, dan pelaku bisnis UMKM, Karena sebagian besar merupakan mitra binaan dari BUMN yang ada di Jawa Tengah. PTP Nusantara IX sebagai salah satu pembina UMKM, terus melakukan pengembangan dan penyaluran bantuan baik modal maupun ketrampilan melalui Program Kemitraan. Tujuan utama nya adalah kemajuan ekonomi masyarakat melalui UMKM dan partisipasi aktif sinergi BUMN hadir untuk negeri.