MERDEKA !! Peringatan Sumpah Pemuda tidak terlepas dari tempat pelaksanaan rapat para pemuda yang dikenal Kongres Pemuda II. Sejak tanggal 27-28 Oktober 1928 silam, para pemuda mengadakan Kongres Pemuda II di beberapa tempat untuk mencetuskan Ikrar Sumpah Pemuda. Tepat 90 tahun tercetusnya Ikrar Sumpah Pemuda  merupakan  bentuk peran serta  Pemuda dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Momentum penting dalam sejarah bangsa Indonesia, senantiasa memberi semangat persatuan dan kesatuan pemuda dalam wadah NKRI.

Setiap tanggal 28 Oktober seluruh masyarakat Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda, sebagai bagian penyusun tercapainya cita-cita kemerdekaan bangsa. Segenap elemen bangsa dari Sabang sampai Merauke ikut larut dalam nuansa kebersamaan yang menyatukan visi misi, meski bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, kebudayaan, adat istiadat. Semangat Sumpah Pemuda digelorakan di setiap instansi pemerintah dan swasta untuk memacu semangat kerja dan pengabdian kepada masyarakat melalui dunia kerja.

Insan perkebunan yang setiap saat berkecimpung dalam usaha perkebunan juga selalu mengedepankan cinta tanah air, dengan selalu mengisi kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Pada kesempatan tahun 2018 PTPN IX menampilkan suasana yang berbeda karena semua petugas upacara dilakukan oleh karyawan baru atau karyawan MT (Manajemen Training).  Bertindak sebagai pembina upacara, Mahmudi selaku Direktur Operasional Tanaman Tahunan.  Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dilaksanakan pada Senin, 29 Oktober 2018 dan diikuti oleh seluruh karyawan.

Kegiatan upacara ini selain untuk menumbuhkan sikap patriotisme, menanamkan semangat pantang menyerah dan bersatu padu demi kemajuan perusahaan, juga memupuk, menumbuhkan semangat bekerja, terus memiliki energi lebih dan totalitas dalam bekerja. Mewujudkan semangat perubahan, semangat transformasi, dalam ikatan persatuan Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. (Humas/Feby/USM)