Agrowisata Perkebunan Teh Kaligua milik PTPN IX berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes menjadi  tempat diselenggarakanya Kaligua Culture Festival (KCF) yang pertama. Acara KCF diisi dengan berbagai macam agenda antara lain Kirab Budaya, Pegelaran Karya, Pentas Kesenian, Fun Camp, dan Music Perfomance yang digelar pada hari Sabtu – Minggu 27 – 28  Juli 2019.
Yang menarik adalah adanya kirab tiruan mesin ketel uap dengan tarian ronggeng layaknya ratusan tahun yang lalu saat pertama kali pabrik teh kaligua didirikan. Para pekerja memikul mesin uap dengan medan yang terjal  selama 20 hari dari Bumiayu menuju Kaligua dengan hiburan tari ronggeng saat beristirahat,
Acara  KCF sendiri digelar guna   sejarah alat uap atau ketel di pabrik pengolahan teh di pabrik yang didirikan pada 1880 oleh Cultur Onderneming dari Belanda pengelolaannya langsung oleh Van De Joeng (baca Van Dj Hong). Luas total lahan kebun teh yakni 600 hektare. Kawasan tersebut memiliki ketinggian antara 1.500-2.050 mdpl dengan suhu sekitar 10 – 20 derajat celcius.
 mengenang