Back to nature menjadi issue yang hangat beberapa tahun terakhir sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, termasuk dalam industri tekstil dimana komponen utamanya yaitu pewarna pakaian, meningkatnya permintaan penggunaan pewarna alam yang menggunakan bahan dasar yang berasal dari alam dengan menggunakan teknik Ecoprint.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PT. Perkebunan Nusantara IX bekerjasama dengan komunitas Gandhes Luwes, Sabtu tanggal 4 Januari 2020 bertempat di PT. Perkebunan Nusantara IX Kantor Direksi Surakarta dilaksanakan kegiatan Fashion Show With Ecoprint yang menampilkan desain baju menggunakan batik dengan pewarnaan menggunakan teknik Ecoprint.

 

 

 

 

 

Direktur Perencanaan & Pengembangan PT. Perkebunan Nusantara IX, Tio Handoko dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini sebagai bentuk kepedulian Perusahaan terhadap lingkungan dan kesenian. Kantor Direksi Surakarta yang memiliki arsitektur yang unik diharapkan dapat menjadi pusat kesenian di Jawa Tengah di masa yang akan datang.