Dok. Jack-Putra

Generasi jaman now, atau generasi milenial seringkali diidentikkan dengan segala sesuatu yang menjadi pembeda. Mereka senang membentuk komunitas yang dimunculkan melalui kegiatan-kegiatan bersifat unjuk keberadaan mereka. Jika dicermati makin banyak gerai dan cafe bahkan kedai angkringan bermunculan sampai ke pelosok-pelosok desa. Budaya nongkrong dan kumpul-kumpul sambil menikmati minuman hangat menjadi trend. Kopi sebagai salah satu minuman trend yang selalu akrab sebagai teman nongkrong sejak jaman dahulu sampai saat sekarang masih menempati urutan teratas, meski sudah ada bermunculan minuman-minuman hasil kreasi pencipta kuliner, es kepal milo, es krim, capcin (capucino cincau) dan masih banyak lagi, namun hanya bersifat musiman.

Zat yang terkandung dalam biji si hitam ada 3 jenis yaitu chlorogenic acids atau kandungan asam klorogenat  yang terdapat dalam biji kopi kering sangat tinggi dan mudah larut mencapai 12% sesuai bobot,   , trigonelline (pro vitamin B3) berfungsi memperlambat penyerapan glukosa, dan yang jelas kafein terdapat zat trimethylxanthine merupakan senyawa tumbuhan yang dapat melebarkan penyempitan pembuluh darah.

Disamping fungsi-fungsi tersebut kafein juga menstimulansi otak dan sistem saraf (mengusir rasa kantuk), meredakan sakit kepala, membantu konsentrasi, berpikir lebih cepat, menangkal radikal bebas serta melegakan napas bagi penderita asma, tentu saja takarannya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh masing-masing orang. Rentang waktu dalam meminum kopi juga perlu diperhatikan yaitu cukup 2 cangkir perhari dengan jeda waktu 5 jam. Disarankan juga untuk minum kopi murni tanpa ada tambahan ramuan lain, seperti yang terkandung dalam kopi sachet. Meski demikian kopi secara medis tidak bisa dikatakan menyembuhkan salah satu penyakit, hanya mencegah dan memiliki beberapa khasiat dibalik sensasi rasa pahitnya.

Dok.Jack-Putra

Ketika Otak Perlu Inspirasi (KOPI) idiom yang berkembang seakan menggambarkan secara nyata manfaat dari si hitam pahit. Maka tidak dipungkiri bila generasi kekinian menjadikan kopi sebagai minuman trend tidak hanya sekedar teman nongkrong. Sebagai pembudidaya sekaligus penghasil kopi olahan bernaung dalam Banaran group melalui Unit Produksi Hilirnya senantiasa berinovasi dan berkreasi sebagai wujud kepedulian terhadap kebutuhan maupun keinginan konsumen dengan meluncurkan produk kopi premium sangrai dan bubuk memakai packing elegan, styles dan higienis, menciptakan produk kopi murni yang sensasional. Tertarik kunjungi gerai produksi di jl. Raya Semarang- Magelang, Desa Jambu Gemawang. (dari berbagai sumber)