Dok.Humas/N9.2018

Pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan publik atas ikhtisar keuangan perusahaan untuk menetapkan kelayakan ikhtisar keuangan tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan secara konsisten dengan tahun sebelumnya. Pada dasarnya penilaian pengendalian   ( Appraisal of Control ). Pemeriksaan operasional berhubungan dengan pengendalian administratif pada seluruh tahap operasi perusahaan yang bertujuan untuk menentukan apakah pengendalian yang ada telah memadai dan terbukti efektif serta mencapai tujuan perusahaan.

Penilaian kinerja ( Appraisal of Performance ) merupakan penilaian, pelaksanaan dan operasional serta hasilnya. Penilaian diawali dengan mengumpulkan informasiinformasi kuantitatif lalu melakukan penilaian efektifitas, efisiensi dan ekonomisasi kinerja. Penilaian selanjutnya menjadi informasi bagi manajemen untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Dan selanjutnya membantu manajemen ( Assistance to Manajement ) dalam pemeriksaan operasional dan ketaatan maka hasil audit lebih diarahkan bagi kepentingan manajemen untuk performansinya. hasilnya merupakan rekomendasi-rekomendasi atas perbaikan-perbaikan yang diperlukan pihak manajemen.

Sebagai bagian dari proses manajemen, yang harus dilakukan maka pada tanggal 4 Oktober 2018, yang lalu telah dilakukan Kick Off Metting General Audit 2018, oleh Akuntan Publik Deloitte, Satrio Bing, Eny & Rekan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran baik kepada manajemen rencana kerja dan program yang akan dilaksanakan bagi kelancaran proses audit. Demikian pula dengan data yang harus disajikan untuk proses audit agar diperoleh kesamaan pemahaman terhadap dasar audit yang diterapkan oleh PSAK baru yang relevan.