Memasuki masa purna tugas merupakan babak baru bagi setiap pegawai dilingkungan pemerintahan dan BUMN. Ada seberkas harapan dan tantangan yang harus dihadapi menjelang purna tugas, dari yang setiap hari dihadapkan pada rutinitas pekerjaan kantor menjadi banyak waktu luang di rumah menikmati istirahat setelah pensiun.

Berbagai hal dilakukan oleh setiap pekerja/ pegawai untuk mengisi hari-harinya dengan berbagai macam kegiatan mulai dari kegiatan yang sifatnya refresing, olah raga, sampai kegiatan yang bersifat ekonomi kreatif. Pada dasarnya tidak langsung berhenti bekerja sama sekali namun mengisi kekosongan waktu dengan kegiatan positif.

Untuk membekali dan memberikan arahan bagaimana menghadapi dan mengelola kegiatan setelah purna tugas bagi karyawan/ karyawati PTPN IX yang akan memasuki masa purna tugas, pada Sabtu tanggal 2 Maret 2019, diberikan materi kiat menghadapi dan mengelola pensiun bekerjasama dengan Laboratorium Keuangan dan Keperilakuan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang di Kampoeng Kopi Banaran mengangkat thema “Peningkatan Literasi Keuangan Bagi Karyawan PTPN IX”

Sebanyak 50 orang mengikuti acara yang dibawakan oleh tim dari FEB Undip, memaparkan pentingnya perilaku setiap pekerja/ pegawai dalam mengelola dana pensiunan untuk berinvestasi melalui lembaga keuangan Pemerintah maupun melalui lembaga asuransi Pemerintah, agar dana yang diinvestasikan aman sekaligus menjamin keuangan berjalan dengan lancar selama menjalani masa purna tugas. Demikian pun saat harus mengembangkan usaha ekonomi kreatif sebagai kegiatan dalam masa purna tugas, tanpa membebani keuangan namun justru harus meningkatkan pendapatan sampingan. (TMJ/Humas/PTPN9/2019).