SEMARANG – Masyarakat hanya mengenal Kabupaten Pati sebagai daerah yang memiliki lahan pertanian yang luas. Namun sebenarnya Pati memiliki potensi wisata yang cukup memadai untuk dikunjungi dan menarik wisatawan domestik maupun mancanegara, salah satunya Obyek Wisata Agro Kebun Jollong yang dikembangkan oleh PTPN IX.

Mencermati potensi yang sangat besar di bidang wisata agro, PTPN IX memperluas wahana dan areal yang masih dapat dioptimalkan melalui kerjasama dengan PT. Wiswani Karya Mandiri, yang sudah berpengalaman di bidang industri wisata agro. Untuk lebih memantapkan kerjasama yang dibangun, pada hari Selasa, tanggal 22 Januari 2019 di Kantor Direksi PTPN IX telah dilakukan presentasi oleh PT Wiswani Karya Mandiri membahas program pengembangan Agro Wisata Kebun Jollong .

Dihadiri oleh Petrus Budiman selaku Kepala Bagian Renstra dan Agus Sulistiyanto selaku Manager Kebun Jollong, mengikuti pemaparan dari tim PT Wiswani Karya Mandiri. Dalam kesempatan tersebut dijelaskan rencana pengembangan obyek-obyek baru yang akan melengkapi kawasan wisata agro Kebun Jollong ini diantaranya café, resort, spot selfie, kebun durian dan peternakan sapi. Panorama yang bisa dinikmati saat ini yaitu kebun kopi, taman bunga, camping ground, kolam keceh, outbound, flying fox, rumah balon, bukit naga, dan air terjun Grenjengan. Tanpa berusaha untuk mengesampingkan ciri khas yang sudah ada yaitu Kebun kopi, pengolahan kopi dan tentu saja hasil olahan dalam wujud secangkir kopi Jollong, tidak bisa ditemukan di daerah lain. Wisata agro yang dikembangkan nantinya diharapkan dapat menambah profit bagi PTPN IX dan sekaligus menambah destinasi wisata di Kabupaten Pati. (Humas/USM/2019)