Dalam rangka upaya optimalisasi aset serta penguatan di produk hilir kopi dan teh PT Perkebunan Nusantara IX menghadirkan Banaran Coffee and Art yang menawarkan olahan minuman dari berbagai jenis kopi dan teh dengan citarasa tinggi serta dipadukan dengan konsep seni.

Selasa 16 April 2019, Direktur Operasioanal Tanaman Tahunan – Mahmudi, secara resmi membuka Banaran Coffee and Art di Jalan Bukit Kopi no 9, Bukitsari, Semarang, Jawa Tengah. Hadir dalam kesempatan tersebut Pemangku Jabatan Puncak PTPN IX.

Dalam sambutannya Mahmudi mengatakan “Dengan adanya Banaran Coffe and Art ini, merupakan upaya mengangkat ‘value’ dari pada kopi dan teh itu sendiri yang saat ini masih menyimpan potensi yang cukup besar”. Selain itu Banaran Coffe and Art akan memberikan pengalaman sejarah perkebunan Indonesia yang memiliki aspek sosial budaya panjang dalam perkembangannya hingga saat ini.

Selain menawarkan berbagai jenis kopi dan teh, Banaran Coffee and Art ini juga menyediakan co-working space bagi para komunitas, mahasiswa maupun pekerja serta mampu memberikan ruang bagi perusahaan/ start up yang membutuhkan tempat untuk menjalankan bisnisnya.