Program Kemitraan dan Bina Lingkungan milik PT Perkebunan Nusantara IX merupakan progam pembinaan UMKM dan pemberdayaan kondisi lingkungan sebagai bentuk  kepedulian Perusahaan terhadap masyarakat. Dalam progam kemitraan Selain mendapatkan dana usaha, mitra binaan juga akan mendapatkan pelatihan kewirausahaan sebagai bekal untuk mengembangkan usaha yang dimiliki.

Dalam rangka peningkatan pengetahuan Mitra Binaan, diadakan Pelatihan Kewirausahaan bagi Mitra Binaan PKBL PTPN IX.  Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari yakni pada Rabu&Kamis tanggal 26-27 Februari 2020 di Griya Persada Hotel & Resort Bandungan, Kab. Semarang – Jawa Tengah.

 

Acara pelatihan diikuti oleh 40 peserta Mitra Binaan yang berasal dari berbagai daerah yaitu Sukoharjo, Salatiga, Boyolali, Jollong,Pati, Kaligua, Cilacap, Bayumas, Krumput, dan Kab. Semarang dan dihadiri oleh Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN IX

Staff PKBL PT Perkebunan Nusantara IX – Kendria Ayu W. mengatakan,  para peserta selama 2 hari diberi berbagai materi yang disampaikan oleh Bapak Suyono, SE., MBA., CFE. selaku Widyaiswara MPK RI dan pengusaha. Materi yang diberikan kepada peserta antara lain mental sukses pengusaha, tiga pilar sukses usaha, teknik penggunaan dan praktek Business Model Canvas (BMC), manajemen usaha, dan pemahaman laporan keuangan usaha. Hari ke 2 diisi dengan kegiatan outbond yang diharapkan mampu membentuk mental, menambah semangat para mitra binaan serta memunculkan ide  dan terobosan usaha yang berguna.