Keseriusan Manajemen PT Perkebunan Nusantara IX dalam peningkatan kapabilitas serta kompetensi Auditor Bagian SPI diwujukan dengan pelaksanaan In House Training Anti Fraud dan Audit Forensik yang dilaksanakan pada tanggal 6 s.d. 7 Februari 2020 di Kantor DIreksi Semarang.

Training menghadirkan Ismoyo Jati sebagai pemateri yang memiliki Certified Accessor Metodologi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (bertanggungjawab langsung kepada Presiden RI) dan Certified Accessor level audit manajer dari Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan, serta Certified Fraud Examiner.

Berpengalaman mengajar fraud & forensic audit, serta kejahatan perbankan sejak 1999, menjadi pendamping penyidik Reserse Ekonomi tingkat Kepolisian Daerah dan Markas Besar Polri, hingga Saksi pada Pengadilan Pidana Perbankan.

Selain pelaksanaan In House Training, pada tanggal 7 Februari 2020 juga dilaksanakan Sharing Session Anti Fraud antara pemateri dengan seluruh Pejabat Puncak PT Perkebunan Nusantara IX.

Fraud berdasarkan definisi dari The Institute of Internal Auditor (The IIA) yaitu sekumpulan tindakan yang tidak diizinkan dan melanggar hukum yang ditandai dengan adanya unsur kecurangan yang disengaja serta merugikan keuangan organisasi.

Pengendalian internal mempunyai pengaruh dalam mencegah fraud.
Sebagaimana diketahui, pengendalian internal merupakan serangkaian kegiatan yang ditetapkan organisasi untuk memberi keyakinan yang cukup akan tercapainya tujuan organisasi. Pengendalian internal antara lain berupa pelaksanaan GCG, pengelolaan audit internal serta mengefektifkan fungsi audit internal.

Dengan pelatihan Anti Fraud, diharapkan karyawan khususnya bagian SPI mampu memahami dan lebih tajam dalam mengindentifikasi bila terdapat indikasi fraud, sehingga memberikan nilai tambah bagi perusahaan.