Progam Kemitraan dan Bina Lingkungan milik PT Perkebunan Nusantara IX merupakan progam pembinaan UMKM dan pemberdayaan kondisi lingkungan sebagai bentuk  kepedulian Perusahaan terhadap masyarakat. Dalam progam kemitraan Selain mendapatkan dana usaha, mitra binaan juga akan mendapatkan pelatihan kewirausahaan sebagai bekal untuk mengembangkan usaha yang dimiliki.
Pada tangga 06 Agustus – 07 Agustus 2019 PT Perkebunan Nusantara IX kembali mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi mitra binaan PKBL PTPN IX. Acara beralangsung di Griya Persada Hotel dan Resort Bandungan, Semarang dan diikuti oleh 40 mitra binaan PKBL PTPN IX.
Dalam sambutannya, Kepala Bagian Sekertaris Perusahaan, Wahyudi,  menyampaikan bahwa adanya pelatihan kewirausahaan bagi mitra bina PKBL ini adalah untuk meningkatkan usaha ekonomi kecil  serta memberikan edukasi dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan agar selalu
berinovasi sehingga dapat mengelola usaha yang tangguh dan mampu bersaing.
Pelatihan kewirausahaan ini, diisi oleh seminar yang dibawakan langsung oleh Ari Dwi Wibowo dari Biro Perekonomian Sekertariat Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Ito Wahyu Toto Waskito dari Divisi Bisnis Retil dan Konsumer Kantor Pusat Bank Jateng Semarang serta Elwan Satriawan – Kasubag. Konsolidasi PTPN IX.
Selain seminar yang digelar selama 2 hari  peserta pelatihan juga diajak mengikuti kegiatan Outbond, dengan kegiatan ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan jiwa leadership dan kualitas mental.
Progam kemitraan ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan para pengusaha kecil atau UMKM agar berkembang menjadi lebih besar sehingga dapat membantu pemerintah mewujudkan  progam pengentasan kemiskinan dan pemerataan ekonomi rakyat serta bentuk rill dari amanah yang digariskan oleh kementrian BUMN.