Semarang – Komitmen PT Perkebunan Nusantara IX dalam mendukung Usaha Mikro & Kecil serta menjalankan bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar diwujudkan dalam penyaluran program Pendanaan UMK. untuk itu pada hari Kamis tanggal 28 Oktober 2021 telah dilaksanakan penyaluran dana Kemitraan untuk modal kerja UMK.

 

  

 

Bertempat di Ruang Hevea Kantor Direksi Semarang, acara penandatanganan SPK penyaluran Pendanaan UKM dipimpin oleh Wahyudi – Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IX, yang pada periode bulan Oktober 2021 ini menyalurkan kepada 14 Mitra dengan nilai total sebesar Rp 860.000.000,-

 

 

Wahyudi dalam kesempatannya menyampaikan bahwa kehadiran PTPN IX membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat, salah satunya yang dilakukan adalah upaya bantuan pada UMKM melalui program pembiayaan dan TJSL kepada para pelaku usaha di wilayah kerja khususnya Jawa Tengah, Wahyudi berpesan kepada para mitra untuk mempergunakan pinjaman modal yang diberikan untuk pengembangan sektor usahanya di tengah pandemi yang sedang berlangsung di Jawa Tengah, sehingga mampu berkembang dan memberikan manfaat ke masyarakat luas. Lebih dari itu selain pendanaan, para mitra yang tergabung juga akan menerima manfaat berupa pelatihan dan pameran. Hingga tahun 2021 Program TJSL telah menyalurkan kepada 37 Pelaku usaha dengan nilai total penyaluran pendanaan UKM sebesar 3 Milyar.

 

 

Program Pendanaan UKM diharapkan mampu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan yang tersebar di hampir seluruh Kabupaten di Jawa Tengah,  dengan taraf kehidupan masyarakat yang semakin baik, perputaran roda perekonomian yang semakin meningkat, terciptanya lapangan kerja baru, terpeliharanya sarana dan prasarana umum dan meningkatkan  taraf kesehatan di lingkungan masyarakat.

Neni Mulyanti, salah satu pelaku UMKM penerima pendanaan di sektor peternakan mengatakan, “Pinjaman modal usaha dari PTPN IX ini sangat bermanfaat bagi kami para pelaku UMKM. di tengah kondisi pandemi program pinjaman modal usaha mampu memberikan optimisme dalam mengembangkan dan menjalankan usaha,” ujarnya.