Semarang, PTPN IX merupakan BUMN yang mengelola beraneka ragam komoditas, mulai dari karet, teh, kopi dan tebu serta usaha dibidang agrowisata dan produk hilir. Karet merupakan komoditi andalan PTPN IX yang saat ini menyumbang laba yang sangat besar bagi perusahaan.
Pengelolaan komoditi karet menjadi vital bagi PTPN IX baik operasional di lapangan maupun analisa datanya. Berkaitan dengan analisa data PTPN IX mencoba mengimplementasikan suatu sistem terintegrasi khusus pengelolaan data produksi komoditas karet. System ini didesain untuk proses input data produksi sampai tingkat afdeling yang secara otomatis terekap oleh system menjadi laporan produksi karet baik produksi awal maupun produksi jadi per mutu produk.

Setiap hari, manajemen akan mendapatkan sms data produksi harian karet dari server dan juga dapat diakses secara mobile melalui handphone/ tab/ ipad maupun laptop. Dengan demikian manajemen dapat mengambil keputusan berkaitan dengan pengelolaan komoditi karet secara cepat dan tepat dengan basis data yang up to dated

shj.2013