PTPN IX yang dikenal memiliki sejarah yang panjang dalam dunia budidaya dan pengolahan kopi, sekaligus produsen terbesar khususnya di Jawa Tengah menandatangani nota kesepahaman dengan pemerintah Kabupaten Karanganyar terkait dengan pendampingan petani kopi di Karanganyar pada tanggal 2 Maret 2019 dalam acara Festival Kopi Karanganyar Lawu yang di selenggarakan di Alun – alun Karanganyar.

 

Bupati Karanganyar – Juliyatmono berharap melalui MOU ini menjadi awal  kebangkitan Kopi Karanganyar  sebagai  Komoditas unggulan. Pemerintah Kabupaten Karanganyar  serius menggandeng PTPN IX guna meningkatkan keahlian petani dari segi on-farm maupun off-farm, sehingga petani Kopi Karanganyar Lawu mampu bersaing dengan produk yang dihasilkan dari olah teknis budidaya yang baik.

 

Plt Manager unit Produksi dan Pemasaran Produk Hilir PTPN IX – Aditya Yoga K. menilai potensi kopi Karanganyar cukup besar baik dari hulu hingga ke hilir,

harapannya kopi Karanganyar Lawu memiliki ciri khas tersendiri layaknya kopi single origin serta  bisa meramaikan jagad perkopian di Indonesia.