Tidak hanya fokus terhadap komoditi yang selama ini dikelolanya, namun PTPN IX sebagai salah satu Perusahaan perkebunan terbesar di Jawa Tengah tersebut juga punya perhatian yang tinggi terhadap pelestarian budaya Jawa Tengah. Hal tersebut dapat disaksikan pada penyelenggaraan acara “Gora Swara Nusantara”, tanggal 10 November 2020 sampai dengan tanggal 13 November 2020 bertempat di Home Stay Gondang Winangoen PG Gondang Baru, Kabupaten Klaten

Ikonik, kata pertama yang disampaikan oleh rombongan Pjs Bupati Klaten Dr. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, Msi saat memasuki Home Stay Gondang Winangoen yang sebelumnya digunakan sebagai Rumah Dinas Manager PG Gondang Baru. Lebih lanjut Sujarwanto menambahkan bahwa PG Gondang Baru memiliki perjalanan sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari Kabupaten Klaten.

 

Pada kesempatan yang sama Direktur PTPN IX yang diwakili Manager PG Tasikmadu Afd. PG Gondang Baru Walyanto menyampaikan bahwa PTPN IX peduli terhadap lingkungan dan kesenian. di Kabupaten Klaten karena menurutnya Kabupaten Klaten memiliki potensi Geo Heritage yaitu berada diantara 2 kota pariwisata terbesar yaitu Surakarta di Propinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara “Gora Swara Nusantara” yang berisi Kirab Manten Tebu, Jagongan Klaten, Diskusi Klaten dan Puncak Gora Swara Nusantara tersebut terbilang sukses karena selain dihadiri masyarakat Klaten namun juga partisipasi Instansi terkait sangat besar.