Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober selalu diingat dan diperingati oleh segenap bangsa Indonesia, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah berdirinya negara Indonesia. Dengan semangat nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila kita sebagai bangsa, generasi penerus jangan pernah melupakan atau membiarkan faham dan ideologi lain berkembang di Indonesia.

Bertempat di halaman kantor Direksi PTPN IX Semarang,diselenggarakan upacara dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari Selasa, 1 Oktober 2019.  Pelaksanaan upacara ini juga serentak dilaksanakan di unit kerja baik Kebun maupun Pabrik Gula PTPN IX.

Bertindak sebagai Pembina upacara Direktur Komersil PTPN IX -Rudi Harjito, dalam amanatnya Direktur Komersil  menjelaskan tentang tema hari Kesaktian Pancasila tahun ini yaitu “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”,sebagai  pedoman dan dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Di kesempatan tersebut,Direktur Komersil juga  menyampaikan kepada peserta upacara mengenai kinerja perusahaan memasuki triwulan keempat tahun 2019 serta internalisasi Corporate Value PTPN Group yaitu One Vision, One Mission, One Corporate (Satu Visi, Satu Misi, Satu Tata Nilai) agar bisa tersosialisasi dengan baik hingga tingkat unit kebun maupun Pabrik Gula.