Jogjakarta – Direktur PT Perkebunan Nusantara IX – Tio Handoko menerima penghargaan Best Winner Commited Company for Contributing in Best Quality Product of The Year 2020 dalam ajang “Indonesia Most Excellent Business Award”di Hotel Royal Phoenix Jogjakarta, Jumat 25 September 2020. Penghargaan tersebut diberikan oleh Indonesia Development Achievment Foundation kepada PTPN IX sebagai apresiasi atas perannya selama ini sudah berkomitmen menciptakan produk dan layanan terbaik serta memberikan kontribusi bagi pengembangan bisnis di Jawa Tengah maupun kontribusinya terhadap pembangunan nasional. Penghargaan diberikan langsung oleh Ibu Amin Purwani,SH,M,Ec,Dev  selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Yogyakarta

Indonesia Development Achievement Foundation sendiri merupakan Lembaga yang mempunyai misi memberikan informasi tentang Sumber Daya Manusia (SDM) terbaik di Indonesia,  sedangkan tujuan pemberian penghargaan adalah sebagai bentuk pemberdayaan terhadap para pelaku dunia usaha, dunia profesi maupun dunia pemerintahan dalam memberikan kontribusinya terhadap Pembangunan Nasional melalui prestasinya masing-masing. Diharapkan ajang penghargaan tersebut akan menjadi inspirasi bagi masyarakat atau para pelaku usaha untuk terus berkarya dan berprestasi serta mendapatkan informasi terbaik dari para insan penerima penghargaan sebagai benchmarknya.

Adapun proses dan metode penilaian dalam ajang penghargaan tersebut mengacu pada beberapa kriteria di antaranya Awareness, Responsibility, Quality, Mutu, Service, Performance dan Attractiveness dengan atribut pengukuran di antaranya memiliki motif bisnis, hasil atau realisasi kegiatan, jangkauan, dampak dan kesinambungan terhadap komitmen PTPN IX dalam menghasilkan produk atau jasa inovatif, berkualitas serta mampu berkembang seiring perubahan jaman.

 

Dalam sambutannya Direktur PTPN IX Tio Handoko menyampaikan terimakasih kepada  seluruh elemen perusahaan yang telah memberikan upaya terbaiknya sehingga menghasilkan produk unggulan yang mampu bersaing dan  telah terbukti dengan  diterimanya penghargaan ini.

Lebih lanjut dikatakan  bahwa proses bisnis PTPN IX  dari tahun ke tahun terus berkembang, tidak hanya fokus terhadap core bussines (komoditas Karet, Kopi, Teh dan Gula pasir) tetapi di sisi lain telah memperkuat sisi non core seperti Agrowisata, produk Banaran Group dan pengembangan Kawasan Industri Batang yang masing-masing mempunyai potensi memberikan value yang maksimal kepada perusahaan.

Sebagai upaya menjaga kualitas produknya maka PTPN IX secara konsisten telah menerapkan  beberapa standar mutu antara lain SNI 06-0001-1987, Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015), Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001:2015) dan Standar Lingkungan Rain Forrest Alliance (khusus untuk komoditas Teh). Dan sebagai anak Perusahaan PTPN III (Persero) maka PTPN IX terus berkomitmen mengimplementasikan visi-nya yaitu menjadi perusahaan agrobisnis yang berdaya saing tinggi dan tumbuh berkembang bersama mitra disamping melalui produk yang unggul, cakupan bisnis yang terus berkembang namun juga bersinergi dengan mitra strategis dan masyarakat lingkungan usaha demi mewujudkan kesejahteraan bersama.