Progam Kemitraan dan Progam Bina Lingkungan (PKBL) merupakan progam pembinaan usaha kecil atau lebih dikenal dengan UMKM dan pemberdayaan kondisi lingkungan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN yaitu maksimal 2% (dua persen) dari laba bersih.

pada tanggal 12 April 2019, bertempat di Unit Kebun Kaligua, Holding Perkebunan menyalurkan bantuan dana bina lingkungan kepada 17 penerima bantuan yang tersebar di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dana diperoleh dari PTPN IV sebesar Rp. 493.000.000,- (Empat ratus Sembilan puluh tiga juta rupiah).

Dari 17 penerima bantuan diantaranya adalah Bantuan Ruang Kelas KB Baru Permata Bunda (Desa Sidamulya, Kec. Wanasari, Kab. Brebes) senilai Rp. 30.000.000,- kemudian Bantuan Pembangunan Masjid Besar At Taqwa (Desa Bulusari, Kec. Bulukamba, Kab. Brebes) senilai Rp.25.000.000,- dan Bantuan Ruang Kelas Baru Ranting Muhamadyah Dumeling (Desa Dumeling, Kec.wanasari, Kab.Brebes) senilai Rp.40.000.000,-

 

 

 

Kegiatan penyaluran dana bantuan ini dihadiri oleh Manager Kebun Kaligua – Yudipurnomo selaku perwakilan dari Direksi PTPN IX.

Tujuan adanya PKBL ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para pengusaha kecil atau UMKM agar berkembang menjadi lebih besar dan pemberdayaan kondisi sosial masyarakat yang bersifat bantuan (pembangunan sarana ibadah, korban bencana alam, bantuan pengembangan sarana dan prasarana).