Memasuki Bulan Ramadhan 2019 / 1440 Hijriah, PT Perkebunan Nusantara IX melaksanakan program Safari Ramadhan dengan berbagai kegiatan sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian untuk sesama. Program tersebut merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Adapun ragam bantuan tersebut yaitu bantuan sarana dan pra-sarana ibadah senilai total Rp 500 juta, 1.000 Alquran, dan santunan kepada 1.000 anak yatim dan kurang mampu di lima lokasi di Jawa Tengah. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dan serentak di lima lokasi pada Jumat (24/5).

Bantuan diberikan kepada puluhan mushola, masjid, yayasan, panti asuhan, dan pondok pesantren di lima lokasi di 4 kabupaten seperti Kabupaten Boyolali, Kota Semarang, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Klaten. Bantuan diserahkan secara simbolis di lima lokasi yaitu Pondok Pesantren Darul Hadlonah Purbalingga, Kelurahan Kuningan Semarang, Pondok Pesantren Zubdatul Itqon Boyolali, Pondok Pesantren Daarut Taqwa Juwiring Klaten, dan Masjid Al Barokah Klaten.

Pada program sosial yang merupakan bagian dari program utama BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) ini, Angkasa Pura Airports ditunjuk Kementerian BUMN sebagai penanggung jawab (PIC) program di wilayah Provinsi Jawa Tengah, bersama 3 co-PIC yaitu PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero), PT Perkebunan Nusantara IX dan PT Perkebunan Nusantara X . Kerja sama BUMN PIC dan co-PIC merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN untuk hadir berkontribusi kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Selain itu PT Perkebunan Nusantara IX juga memberikan bantuan secara mandiri kepada Panti Asuhan bersamaan dengan acara Buka Puasa Bersama PTPN IX di Banaran Coffee and Art, Semarang. Acara Buka Bersama tersebut sekaligus sebagai peresmian Banaran Coffee & Art oleh Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara IX – Iryanto Hutagaol. Dalam sambutan singkatnya Direktur Utama menjelaskan bahwa pembukaan gerai ke-10 ini sebagai bentuk ekspansi PTPN IX di sektor agrowisata dan restoran sekaligus memperkuat hilirisasi hasil perkebunan berupa kopi serta teh.