Program bina lingkungan merupakan salah satu program BUMN peduli yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN. Setiap tahun BUMN harus memberikan alokasi dana untuk disalurkan kepada masyarakat disekitar wilayah kerja perusahaan. PTP Nusantara IX dibawah koordinasi Kementerian BUMN juga berkewajiban untuk menyelenggarakan program bantuan lingkungan untuk masyarakat sekitar. Wujud kepedulian PTPN IX terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar ditujukan untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan lingkungan, nilai, norma dan budaya masyarakat setempat sesuai dengan apa yang tertuang dalam Undang-Undang No. 40 tahun 2007 Pasal 74 tentang Perseroan Terbatas terkait pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).

Adapun upaya BUMN demi menunjukkan komitmen dan insiatif tanggung jawab sosial perusahaan, melalui pelaksanaan serangkaian program yang meliputi pengembangan sosial dan masyarakat, mencakup bidang keagamaan, kesehatan, sosial, budaya, pendidikan, dan lingkungan.

Menindak lanjuti instruksi dari Holding PTP Nusantara pada hari Kamis,  1 Nopember 2018 ini PTPN IX kembali meneruskan penyaluran bantuan dana bina lingkungan dari program Holding tahap ke 2 sebesar Rp. 207.500.000,-. Pada kesempatan ini PTPN IX melalui Sentot Kasubag Humas, mewakili Direksi menyerahkan bantuan untuk optimalisasi sarana dan prasarana tempat ibadah dan pendidikan di lingkungan masyarakat Jepara dan Kudus. Beberapa tempat yang mendapatkan bantuan Rehab pengembangan Mushola Fathudin desa Kutuk Undaan Kudus, Pembangunan MCK Madrasih Diniyah Mawaidhus Shibyan desa Golantepus Mejobo Kudus, pembangunan Mushola Roichatul Jannah desa Somosari Batealit Jepara, Pembangunan Mushola Darul Iman desa Wonorejo Jepara, Pembangunan Mushola Baitul Aminah. (Feby-USM-HUMAS)