Teknologi memberikan kontribusi yang besar bagi sebuah perusahaan. Selain memudahkan dan membantu pekerjaan yang ada, teknologi yang ada juga meningkatkan efisiensi pada pekerjaan yang ada. Untuk itu PTPN IX mengadakan sosialisasi persuratan dan “SIDILINE” atau disposisi online di Kantor Direksi Semarang.

Kegiatan yang dihadiri oleh agendaris dan perwakilan dari kebun-kebun PTPN IX ini dibuka oleh Kasub. Bag. Humas – Sentot Trijoko mewakili Kepala Bagian Sekertaris Perusahaan PTPN IX. Dan dihadiri pula oleh Setyanto selaku Kepala Urusan IT PTPN IX yang sekaligus akan menyampaikan materi mengenai disposisi online.

Pada acara tersebut dijelaskan perubahan-perubahan penomoran persuratan dan beberapa point-point persuratan yang akan mulai diterapkan pada awal 2019. Dijelaskan pula standarisasi persuratan yang baru di PTPN IX. Beberapa informasi dari Direksi ke perwakilan kebun juga disampaikan pada acara tersebut. Diadakan pula sesi tanya jawab dari perwakilan kebun yang datang. Selanjutnya dipaparkan mengenai “SIDILINE” atau disposisi online.

SIDILINE merupakan salah satu transformasi yang dilakukan di bagian administrasi persuratan di PTPN IX. Dibuat dalam dua versi, yakni website online dan aplikasi mobile, SIDILINE berfungsi sebagai pengganti form disposisi manual yang sebelumnya memerlukan waktu lebih panjang dalam prosesnya.

Bertujuan untuk mempermudah pengajuan surat dan disposisi yang ada di PTPN IX, SIDILINE difungsikan untuk membantu mempercepat tracking proses suatu dokumen sampai pada hasilnya, dan juga mentransparansi alur dokumen yang sebelumnnya kurang maksimal. Karena pada SIDILINE setiap divisi akan mendapatkan usernya masing-masing dan dapat dengan mudah di akses secara online, sehingga monitoring akan lebih efektif.

Diharapkan dengan adanya transformasi di bidang administratif ini dapat membuat PTPN IX lebih baik lagi dari sisi teknologi dan transformasi bisnis di segala lininya.