Semarang, Sabtu 13 April 2019 Kementerian BUMN bersama perwakilan 143 perusahaan merayakan Syukuran HUT BUMN ke 21 di Grand Marina Kota Semarang. Menteri BUMN – RIni Soemarno beserta puluhan ribu karyawan BUMN turut memeriahkan acara dengan tema “One Family, One Nation, One Vision To Excellence” tersebut.
Berbagai acara ditampilkan dalam  syukuran HUT BUMN ke 21 antara lain Kirab peserta BUMN, pemecahan rekor MURI, dan pemberian penghargaan kepada karyawan inspiratif BUMN. Karyawan PT Perkebunan Nusantara IX bernama Solikhin dari Unit Kebun Siluwok menjadi salah satu yang berhasil meraih penghargaan karyawan inspiratif dan menerima piagam langsung dari Menteri BUMN, Solikhin juga berhak mendapatkan hadiah berupa paket ibadah Umroh.
Dalam kesempatan tersebut  Rini Soemarno turut mempromosikan aplikasi LINKAJA yaitu aplikasi dompet digital besutan PT Telkom dan HIMBARA (BRI, BTN, BNI, Mandiri) yang merupakan alternatif pembayaran cashless berbasis QR Code.
Kementerian BUMN juga meraih penghargaan Rekor MURI yaitu sajian nasi kuning terbanyak. Yaitu ada 5.821 porsi. Rekor kedua, replika Borobudur terbesar dari nasi kuning yaitu tinggi 4,13 meter lalu terakhir rekor transaksi terbanyak yaitu 35 ribu dalam waktu kurang dari 5 jam dengan QR Code.
Pada sambutannya, Rini sempat menyampaikan kinerja positif Kementrian BUMN dan 143 perusahaan yang berada di bawah naungannya. Salah satu pencapaian yang ia sampaikan adalah terus meningkatnya laba gabungan perusahaan sejak 2014 lalu.
“Pada 2014, keuntungan seluruh BUMN baru mencapai Rp 143 triliun. Dan pada 2018 sudah mencapai di atas Rp 200 triliun,” kata Rini.